Kades Dilarang Bermain Politik Praktis


pelitakarawang.com -. Tahapan demi tahapan ajang Pilgub Jabar 2018 sedang berjalan. Misal, pendataan bagi penduduk yang memilik hak pilih dan sedang berjalannya masa kampanye untuk pasangan cagub dan cawagub pilgub 2018.

Kepala desa sebagai salah satu  pejabat politis, yang berkuasanya lewat pemilihan kepala desa (pilkades), tak bisa disalakan bilamana tempuh langkah politik dengan mendukung salah satu pasangan  cagub dan cawagub pilgub Jabar 2018. 

Itu tidak salah dan tidak merusak tatanan kehidupan dalam demokrasi dan sesuai undang-undang berlaku di negeri ini, namun pejabat sekelas kepala desa harus bisa memisahkan mana aturan dan peraturan yang mengikat dirinya sebagai kades dan warga negara yang mempunyai hak politik,karena diketahui pula ada pemberlakuan peraturan -aturan tentang penyelenggaraan dan pelaksanaan Pilgub,termasuk ada batasan atau larangan yang berlaku bagi seorang Kades,Polisi,TNI atau PNS .

Tidak bisa ,pejabat negara dengan serta merta masuk  dalam kancah Perpolitikan ,walau pun setiap warga mempunyai hak politik yakni dipilih atau memlilih ,ungkap Samsul di Karawang.

Kepala desa tidak bisa dengan serta merta berpolitik praktis dalam Pilgub terlebih memobilisasi masa untuk salah satu paslon dukungan dirinya, sekalipun itu calon cagub petahana,itu langkah jelas yang keliru ,sebut samsul.

Kemudian tegasnya,kepala desa atau PNS tidak dilarang berpolitik namun mesti apik dan bermain cantik dong,jangan merasa sudah terkenal diwilayahnya, dekat dengan kekuasaan dilevel sana sini,lantas dirinya main labrak aturan,dan  bila demikian adanya artinya kurang elok sekali dan diyakini yang bersangkutan tidak menghargai dirinya maka panwas atau bawaslu wajib mengingatkanya ,tandas dia.

Untuk mencegah terjadinya kades bermain politik praktis,sambungnya,pemda melalui dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa kabupaten Karawang, harus mengingatkan dan memberitahukan semua kades dan jajaran perangkatnya ,untuk mereka tidak berlebihan berpolitik dibandingkan kerjanya ,kalau memang ada  kepala desa yang lebih tampak manuver politiknya,lebih baik sekalian aja suruh nyalon dewan ,atau menjadi pengurus partai,sindir pria 45 tahun ini.
Posting Komentar