Mapolresta Bekasi Kota Menjadi Metropolitan Bekasi Kota - PELITA KARAWANG
Mapolresta Bekasi Kota Menjadi Metropolitan Bekasi Kota

Mapolresta Bekasi Kota Menjadi Metropolitan Bekasi Kota

Share This
PELITA KARAWANG.COM - Instansi kepolisian di wilayah hukum Kota Bekasi, Jawa Barat resmi mengalami peningkatan tipologi menjadi Kepolisian Resort Metropolitan Bekasi Kota.

"Peningkatan tipologi ini berdasarkan instruksi Mabes Polri Nomor 769/XI/2016/ 29 September 2016 dari Mapolresta Bekasi Kota menjadi Mapolrestro Bekasi Kota," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muh Iriawan di Bekasi, Senin.

Peningkatan tipologi tersebut diresmikan secara langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muh Iriawan dengan disaksikan unsur Musyawarah Pimpinan Da

erah (Muspida) Kota Bekasi serta tokoh masyarakat setempat di Mapolrestro Bekasi Kota, Senin siang.

Menurut dia, perubahan tipologi itu berkorelasi pada sejumlah persyaratan di antaranya tingkat gangguan kriminalitas, jumlah penduduk dan lainnya.

Diketahui, jumlah penduduk Kota Bekasi saat ini mencapai 2,6 juta jiwa dengan luas wilayah hukum mencapai 210,49 kilometer persegi terbagi dalam 12 kecamatan.

"Masyarakat Bekasi saat ini sangat heterogen dengan jumlah penduduk mencapai 2,6 juta jiwa lebih. Ditopang sentra industri dan perdagangan. Kepolisian harus bisa mengimbangi kemajuan di Kota Bekasi," katanya.

Perubahan status ini, kata dia, akan membawa dampak signifikan terhadap peningkatan status tipologi berdasarkan studi kelayakan dan evaluasi sesuai jumlah warga.

Selain itu, status metropolitan yang kini disandang kepolisian Kota Bekasi akan diimbangi dengan penambahan jumlah personel untuk peningkatan pengawasan keamanan di lapangan.

"Jumlah personel Mapolrestro Bekasi Kota saat ini baru 2 ribu orang, atau setara dengan kebutuhan personel 60-70 persen dari kelas metropolitan," katanya.

Kekurangan jumlah personel itu ke depannya akan terus ditambah secara bertahap.

Iriawan juga mengapresiasi wacana penambahan sejumlah Mapolsek baru di Kota Bekasi yakni Polsek Jatisampurna, Polsek Pondokmelati, Polsek Mustikajaya dan polsek Rawalumbu.

"Saya apresiasi rencana penambahan Mapolsek oleh pemerintah daerah. Saya juga apresiasi pemberian bantuan Kamtibmas berupa kendaraan dinas," katanya.

Dikatakan Iriawan, peningkatan tipologi itu juga akan diperkuat oleh penambahan sejumlah Pos Kepoliasian dai 56 kelurahan setempat.

"Saya sudah instruksikan agar personel tambahan segera dipersiapkan," katanya.

Demikian ditulis Situs Berita Antara.
Posting Komentar
bkd