PELITA KARAWANG-.Pasangan  Tb Hasanah-Anton Charliyan atau Hasanah meluncurkan Program Jabar Seubeuh (Jabar Kenyang) sebagai upaya perhatian khusus terhadap petani dan ketahanan pangan, yang menjadi materi unggulan mereka pada kampanye Pilgub 2018.

"Jawa Barat memiliki lahan pertanian yang luas yang memungkinkan bisa mensupplai bahkan mengekspor bahan pangan. Bahkan Jawa Barat disebut sebagai Lumbung Padi Nasional," kata Calon Gubernur Jawa Barat Tb Hasanuddin, Rabu.

Akan tetapi, kata dia, berbagai persoalan terus mengancam pertanian di Jawa Barat, sepeti  irigasi, penyusutan lahan pertanian akibat modernisasi dan alih fungsi lahan menjadi properti ataupun industri.

"Belum lagi jumlah petani yang kian menyusut mengingat suramnya masa depan petani. Padahal keberadaan petani dan ketahanan pangan penting untuk ketahanan nasional," kata dia.

Pria yang akrab disapa Kang Hasan ini menjelaskan  Jabar Seubeuh merupakan program yang diarahkan untuk memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh pangan yang layak dan cukup.

Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan, kata Kang Hasan, di antaranya perbaikan irigasi untuk mendukung pasokan air di daerah pertanian.

Kemudian memberikan subsidi pupuk , sarana pertanian dan bibit untuk petani secara gratis dan hal ini penting agar petani tidak merugi dan terus menjadi tidak berdaya.

Tak hanya itu, Pasangan Hasanah juga akan menyiapkan program pinjaman modal untuk petani dan nelayan tanpa agunan melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bumdes dan kelompok tani.

"Agar petani kita bisa  sejajar dengan para tengkulak sehingga asa keadilan antara petani dan konsumen dengan memotong para spekulator," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan Pasangan Hasanah juga akan meningkatkan pendapatan petani melalui pelatihan usaha kelompok tani dan nelayan yang bisa memproduksi produk turunan dari hasil taninya.

"Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan yang baik kepada petani dan nelayan yang berbasis ekspor," kata dia.

Kang Hasan menambahkan selain untuk petani, Program Jabar Sebeuh juga akan diarahkan untuk nelayan dan peternak.

"Pokoknya untuk ketahanan pangan ini, kita sangat konsen. Masyarakat Jabar harus seubeuh tidak boleh ada yang kelaparan," kata dia.

Pasangan Hasanah sendiri memiliki tujuh program unggulan yang terdapat di Sawelas Asih, diantaranya, BogaGawe, Jabar Sebeuh, Jabar Cageur, Sakola Gratis, Imah Reumpeug , Turkamling, dan Molotot.com.