• Breaking News

    Pria Ini Bersurat ke Menag hingga MUI Minta Fatwa tentang Cadar


    Yogyakarta. - Pembinaan pada mahasiswi bercadar di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menuai beragam reaksi. Salah seorang warga Yogyakarta mempertanyakan kebijakan kampus ini dengan mengirim surat kepada sejumlah pihak. 

    Baharuddin Kamba mengirimkan surat ke Menteri Agama RI, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi RI, Ketua MUI dan Rektor UIN Sunan Kalijaga. Keempat surat itu dikirimkan melalui kantor Pos Besar Yogyakarta.

    "Saya minta ada fatwa baik itu dari Kemenag, Menristek Dikti, MUI agar persoalan ini jelas, agar jangan menimbulkan stigma bahwa yang bercadar itu radikal. Padahal tidak juga seperti itu, karena mereka juga mau membaur dengan masyarakat," kata Baharuddin Kamba kepada wartawan di kantor Pos Besar Yogyakarta, Rabu (7/3/2018).


    Surat yang dikirim berisi permohonan agar supaya tidak menimbulkan polemik dan pro kontra berkepanjangan atas keputusan Rektor UIN Sunan Kalijaga. Selain itu dia berharap konstitusi dan penegakan HAM bisa dijunjung tinggi dengan adanya fatwa.


    Jika nantinya fatwa menyebutkan bahwa keputusan rektor UIN Sunan Kalijaga cenderung diskriminatif dan melanggar HAM, maka surat keputusan rektor tersebut dapat dikaji ulang dan dapat dicabut diganti dengan cara-cara persuasif. Misalnya dengan menumbuhkan semangat nasionalisme, memperkaya khazanah intelektualitas, memperkuat basis penelitian berbagai keilmuan dan menjadikan pusat kajian pemahaman mahasiswi yang mengenakan cadar tidak perlu dipersoalkan.

    "Persoalan setuju atau tidak setuju kita tunggu fatwa dari MUI, Menag, Menristek Dikti. Nanti kalau sudah kekaur kita sampaikan ke rektor UIN," katanya. 


    Sumber : Detik.com
    Posting Komentar


    Post Bottom Ad