Tujuh Camat Baru Belum Dilantik jadi PPAT - PELITA KARAWANG
Tujuh Camat Baru Belum Dilantik jadi PPAT

Tujuh Camat Baru Belum Dilantik jadi PPAT

Share This
PELITAKARAWANG.COM.- Setelah resmi dilantik Bupati Karawang awal Februari lalu, sedikitnya 7 Camat baru hasil mutasi-rotasi di lingkungan Pemkab Karawang belum berhak tandatangani ajuan Akte Jual Beli (AJB) dan Sertifikasi tanah selama hampir dua bulan terakhir. 

Pasalnya, para Camat baru belum resmi dilantik sebagai Penjabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) oleh Kementrian BPN/ATR. Lambannya pelantikan para camat sebagai PPATS ini mempengaruhi layanan urusan pertanahan di sejumlah Desa. 

Kades Sukajaya, Abdul Ghofur mengatakan, Pemkab dimintanya untuk tidak lamban lengkapi syarat dan pelaporan untuk merekomendasikan Camat -Camat baru sebagai PPATS, phk SK Camat sebagai PPAT ini penting segera dilegalkan segera untuk mengatasi stagnan di lapangn atas layanan pertanahan." Plt Camat bukan PPAT, sudah ada Camatnya juga belum PPAT, ya karena belum dilantik, kita minta segera pelantikannya oleh BPN," Katanya.

" Walau menumpuk, ya kita belum bisa banyak layani ajuan soal pertanahan warga, karena memang belum dilantik sebagai PPATS oleh BPN, mudah-mudahan April sudah dilantik," Kata Camat Cilamaya Kulon Basuki Rahmat.

Ketua Komisi A DPRD Karawang, Ir Teddy Luthfiana mengatakan,  Status Camat baru sudah jelas sebagai Pejabat di satu Kecamatan, karenanya status PPATS harus segera di sandangnya, karena masa pelantikan hasil mutasi sudah berlangsung 2 bulan terakhir, namun ironi saja kalau Camat tidak bisa melayani ajuan AJB dan sertifikat tanah warga hanya gara-gara belum dilantik BPN/ATR.  Mestinya sebut Teddy, pihak berwenang, dalam hal ini Bupati maupun kementrian ATR/BPN dan pihak lainnya bisa segera memproses hal ini, yaitu pengesahan legalitas Camat sebagai PPAT.  Memang, menjadi PPAT itu ada syarat khusus, karenanya, jika sudah memenuhinya segera gelar pelantikan. Iti perlu agar,  agar kepentingan masyarakat dalam pembuatan AJB dapat terlayani dengan mudah. Namun, jika pihak BPN/ATR dan Pemkab dalam hal ini Bupati masih lamban, kalau di perlukan DPRD siap menindaklanjutinya. 


" Kita Lihat perkembangannya , nanti kalo diperlukan DPRD dapat menindak lanjuti soal legalitas para Camat baru di BPN ini " Katanya.


Kasubag TU Kantor BPN/ATR Karawang, Christiawan S.SIT. MH mengatakan, soal Camat baru yang sudah dilantik Bupati namun belum dilantik jadi PPATS oleh BPN/ATR, diakuinya, baru-baru ini sudah memenuhi syarat untuk diajukan, dimana syarat yang dimaksud adalah umum untuk pengusulan menjadi PPAT. Namun, sebelum diajukan ke Kakanwil dan dilantik, dijadwalkan rabu ini ada pembinaan Teknis (Bintek) PPAT. Sebab,  Usulan SK PPAT ke Kanwil untuk mempercepat bisa dilakukan setelah Bintek dilaksanakan. 

Pihaknya, sedang mengupayakan ajuannya setelah syaratnya memenuhi, sehingga layanan di masyarakat bisa lebih optimal. " Syaratnya baru terpenuhi, nanti dibintek dulu,  terus diajukan ke Kanwil Jawa Barat, kami upayakan segera SK yang ditandatangani Kanwil itu turun dan siap dilantik sesuai jadwal yang akan ditentukan," Ujarnya.
Posting Komentar
bkd