2388 Peserta Paket C UNBK Serentak - PELITA KARAWANG
2388 Peserta Paket C UNBK Serentak

2388 Peserta Paket C UNBK Serentak

Share This
PELITAKARAWANG.COM -  Sebanyak 2. 388 Siswa Paket C yang tersebar di 38 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Jumat (27/4). 

Kegiatan UNBK yang dilaksanakan di laboratorium Komputer SMA/SMK terdekat itu mengujikan 7 Mata pelajaran sekaligus selama 4 hari kedepan.

Panitia UNBK PKBM Nurul Islam Kecamatan Telagasari Drs Ombi Romli mengatakan, peserta paket C atau setara SMA/SMK yang ikuti kegiatan UNBK dari lembaganya sebanyak 88 siswa. Kebetulan, tahun ini, PKBM yang berlokasi di Desa Pasirmukti ini perdana melaksanakan UN dengan basis komputer yang penyelenggaraannya dilaksanakan di SMAN 1 Telagasari. 

Berbeda dari UNBK sekolah formal yang mengujikan 4 mata pelajaran atau sehari satu pelajaran, para siswa paket C ini justru harus mengikuti UNBK dengan 7 mata pelajaran selama 4 hari kedepan, sebab, selain Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, mata pelajaran yang di ujikannya antara lain Sosiologi, Geografi, Pendidikan Kewarganegaraan dan Ekonomi, sehingga dalam sehari sebut Ombi, siswa harus mengerjakan soal Pilihan Ganda (PG) sebanyak 2 mata pelajaran. " Kita mulai pelaksanaan pukul 08.30 pagi, agak siang karena mengantisipasi keterlambatan, sebab latar belakang peserta paket ini kan bukan reguler saja, ada karyawan dan lainnya," Kata Ombi.

Lebih jauh ia menambahkan, siswa PKBM Nurul Islam totalnya sebanyak 253, bahkan sekolah paket bukan saja untuk memenuhi kebutuhan Ijasah untuk karier, tetapi sudah menjadi pilihan utama, walaupun upaya menjaringnya dari mulut ke mulut. Dengan sekolah mulai hari Senin sampai Kamis yang reguler dan Sabtu -  Minggu untuk kelas karyawan, kegiatan UNBK ini diharapkan bisa menjawab tantangan di masyarakat, karena hak mendapatkan bantuan, legalitas ijasah dan media pra syarat formal sama saja. Ia harapkan, dengan digelarnya UNBK saat ini, semua peserta bisa lancar mengerjakan soal, karena kelancarannya sudah di uji saat simulasi yang sudah di selenggarakan sebelumnya." Simulasi sudah kita laksanakan, saya yakin semua peserta UNBK lancar dan dapati hasil maksimal," Ungkapnya.

Ketua Forum Komunikasi PKBM Karawang, Heru Saleh mengatakan, sebanyak 2.388 siswa paket C dari 38 PKBM ikuti kegiatan UNBK serentak pada Jumat ini. Adapun tempat penyelenggaraannya dilakukan di laboratorium SMA/SMK terdekat yang jumlahnya di 28 SMA. 

Dengan adanya UNBK di semua PKBM ini, pihaknya wujudkan Pendidikan Non Formal yang berkualitas dan Bermartabat, sebab PKBM Kabupaten Karawang adakan UNBK 100 Persen,   mudah-mudahan dengan UNBK ini,  pemerintah bisa memperhatikan sebanding dengan yang sudah dilaksanakan oleh penyelenggara Pendidikan Non Formal, baik dari kelengkapan Sarana Prasarana (Sarpras),hingga kesejahteraan para guru-gurunya untuk Pendidikan Non Formal. Ia haturkan selamat kepada peserta UNBK Paket C seluruh indonesia khususnya Kabupaten Karawang,  semoga semakin bisa mengembangkan Kemampuan dan keahlianya, " Yang Pasti Hasil Tidak akan menghianati Proses, salam Berkarya, Berbakti dan Peduli," Serunya.
Posting Komentar
bkd