Dinsos Distribusikan Alat UKM Untuk Tuna Rungu - PELITA KARAWANG
Dinsos Distribusikan Alat UKM Untuk Tuna Rungu

Dinsos Distribusikan Alat UKM Untuk Tuna Rungu

Share This
PELITAKARAWANG.COM - Tiga warga Desa Cikuntul Kecamatan Tempuran menerima bantuan dari Dinas Sosial Senin (23/4). 

Bantuan berupa alat UKM untuk produksi home industry seperti produksi kue bolu tersebut, dikhususkan bagi warga dengan keterbelakangan fisik, seperti tuna wicara. Salah satunya Karsih (30), Warga Dusun Rawa Kandang Desa Cikuntul.

Sekdes Cikuntul Aceng Sanjaya mengatakan, Karsih adalah satu dari 3 warga Desa Cikuntul yang mendapati program Dinas Sosial yang didistribusikan langsung oleh TKSK Kecamatan. Selain seorang janda yang mendapati program Rutilahu, Karsih juga mengalami Tuna Rungu, namun diberikan kesempatan mengulik produksi kue bolu, karenanya Dinas Sosial memberikannya alat produksi berupa mesin UKM yang bisa menopang usahanya, " ada 3 warga kami yang tuna rungu, semuanya diberikan bantuan, simbolisnya ya di ibu Karsih ini di Dusun Rawa Kandang," Katanya.

Aceng menambahkan, sebelum diberi alat, melalui petugas PSM dan TIDAK, Karsih diberikan pelatihan oleh Dinas Sosial agar bisa memproduksi bolu buatanya, sehingga saat bantuan alat ini turun, penerima manfaat ini sudah bisa mengolahnya sendiri dan pemasaran yang baik. Sebab, selain alat, para tuna rungu alias tuna wicara juga ini diberikan bantuan tambahan modalnya, semoga saja apa yang diberikan Dinsos kepada warganya ini , bisa bermanfaat dan mengangkat harkat masyarakat yang memiliki keterbelakangan fisik dibanding yang normal pada umumnya. " Ada alat juga dibantu uang modalnya, semoga bisa ngulik produksinya dan maju,"ujarnya.
Posting Komentar
bkd