Empat Kandidat Berebut Kursi Kosong Kades Telagasari - PELITA KARAWANG
Empat Kandidat Berebut Kursi Kosong Kades Telagasari

Empat Kandidat Berebut Kursi Kosong Kades Telagasari

Share This
PELITAKARAWANG.COM - Masa jabatan Kades Talagasari B Suherman yang ditinggal wafat masih 14 bulan lagi, meninggalkan Pekerjaan Rumah yang harus disiapkan BPD dan Pemerintahan Desanya. 

Dasar masa jabatan masih lebih dari satu tahun, Desa pemilik aset Pasar di Telagasari ini harus menggelar pemilihan Pergantian Antar Waktu (PAW) dalam waktu dekat, seperti Desa Sukaratu dan Cilewo melalui Musyawarah Desa. Meskipun kekosongan Kades jabatannya hanya setahun lagi, namun kursi PAW nampaknya menjadi rebutan sejumlah tokoh di Desa tersebut. 

Sejumlah nama yang santer di sebut membidik kursi PAW tersebut selain Sekdes saat ini,  Ono Rustono, juga bertengger nama lainnya seperti Mantan Sekdes PNS Talagasari Kartawijaya, Dede Sofyan dan Asep.

Ditemui Sekdes Talagasari Ono Rustono mengatakan, pemerintah desa masih menunggu kepastian Penjabat Sementara (PJs ) terlebih dahulu dan pelantikannya, yang konon sudah diajukan pihak Kecamatan yang tak lain adalah Kasie Kesos Kecamatan Telagasari. 

Selebihnya, jadwal dan tahapan Musyawarah Desa (Musdes) Pemilihan Kades akan menyusul kemudian setelah ada Pjs dari PNS tersebut. Oleh karena Kades Talagasari meninggal dunia dan sisa jabatannya lebih dari setahun lagi, yaitu 14 bulan, maka Musdes PAW Kades ini akan di selenggarakan sekurang-kurangnya 5 bulan setelah adanya Pjs. 

Namun, sebut Ono, tahapan Musdes dan lainnya, apakah tidak berbenturan dengan jadwal dan tahapan pemilihan komisi anggota BPD mulai April - Juli ini, untuk itu, pemerintah desa masih menunggu regulasi dan arahan DPMPD soal ini." Yang jelas kita di pemerintahan desa menunggu kepastian saja soal pelantikan Pjs dan tahapan nanti PAW," Katanya.

Disinggung apakah dirinya hendak maju menjadi calon Kades PAW dengan jabatan setahun saja, Ono secara terbuka mengungkapkan kesanggupannya, betapapun dirinya sadar bahwa selain dirinya ada warga dan tokoh lainnya yang berkeinginan maju dalam pemilihan secara Musyawarah Desa (Musdes) tersebut, seperti Kartawijaya, Dede Sofyan dan Asep Hadian Yunus. Baginya tidak ada masalah jika semuanya hendak maju dan diharapkan bisa bersaing secara sehat. " Oh saya mah siap maju dong, kalau ada calon lain juga siap bersaing," Ungkapnya.

Sementara itu, Kartawijaya saat disinggung kebenarannya minat maju dalam bursa Calon Kades PAW Telagasari, ia mengaku siap, kecuali Pjs yang memang sudah ada yang di usulkan pihak Camat. Walaupun dirinya berstatus PNS, namun dirinya hendak konsultasi dulu kaitan pencalonannya ini di bursa kandidat PAW, apakah diperbolehkan atau tidak, sebab tahapannya juga sejauh ini belum ada." Siap maju jadi PAW Kades, kalau Pjs kan sudah di ajukan orang lain sama bu Camat ," Ungkapnya. 

Camat Telagasari ,Hj Yeti Yuliati saat disinggung kaitan rencana Musdes Talagasari, istri mantan Kabag Hukum Kiki Saubari ini mengaku sementara sudah di ajukan calon Pjs dulu dari PNS dan saat ini masih menunggu pelantikannya nanti." Sudah diajukan, untuk pjs mah," singkatnya. 
Posting Komentar
bkd