Ini Keterangan Ketua PKBM Bunda Mutiara Seputar Ujian UNBK 2018 - PELITA KARAWANG
Ini Keterangan Ketua PKBM Bunda Mutiara Seputar Ujian UNBK 2018

Ini Keterangan Ketua PKBM Bunda Mutiara Seputar Ujian UNBK 2018

Share This

PELITAKARAWANG.COM.- Sebanyak 28 siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bunda Mutiara mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) selama empat hari. Terhitung tanggal 27 sampai 30 April 2018 di SMK Ristek Rengasdengklok.


Umi Tia Sukaesih, Kepala PKBM Bunda Mutiara mengatakan, siswa yang mengikuti UNBK ini tidak ada pungutan biaya, karena sudah ditanggung Pemkab Karawang dengan program Karawang Cerdas.


“Alhamdulillah, semua peserta ujian PKBM gratis tidak ada biaya apa pun, karena dibiaya pemerintah dengan program Karawang Cerdas,” kata Umi Tia Sukaesih, usai melaksanakan UNBK pada Sabtu, 28 April 2018.


Menurut Umi, program Karawang Cerdas membantu masyarakat dalam menuntaskan pendidikan hingga 12 tahun.  Tak terkecuali siswa PKBM Bunda Mutiara. Yang mengikuti ujian ini dari kalangan perekonomian menengah kebawah. Sehingga mereka mengikuti program Karawang Cerdas untuk menyelesaikan pendidikan sampai SMA.


“Kami turut bahagia atas program itu, dapat membantu masyarakat, seperti anak yatim dan yang tidak mampu bisa mengikuti pendidikan sampai SMA,” ujarnya.


Umi menjelaskan, siswa PKBM Bunda Mutiara ini rata-rata putus sekolah 2 tahun sampai 3 tahun, dengan dalih tidak ada biaya melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi. Oleh karenanya, dengan program tersebut dapat membantu mereka yang putus sekolah.


“Mereka putus sekolah diusia produktif. Namun adanya program itu, mereka yang putus sekolah dapat mengikuti kegiatan pembelajaran melalui PKBM. Yang sekarang mau lulus, mereka mengikuti kegiatan belajar sebagaimana mestinya,” kata Umi lagi yang beralamat PKBM Bunda Mutiara, di Dusun Krajan Utara RT 01/01, Desa Karyasari, Kecamatan Rengasdengklok.


"Kami berharap kedepannya pemerintah dapat memberikan fasilitas lebih lengkap lagi. Misalnya komputer serta perlengkapan lainnya, sehingga PKBM dapat menyelenggarakan UNBK secara mandiri," harapnya. 


Restiani, salah seorang siswa PKBM Bunda Mutiara, mengaku terbantu dengan adanya program Karawang Cerdas.


 "Terimakasih buat pemerintah. Kami merasa terbantu adanya program tersebut. Tanpa ada program ini, mungkin kami belum tentu bisa melanjutkan sampai SMA," pungkasnya.


Posting Komentar
bkd