• Breaking News

    Jangan Heran Jika NIK tak Sama dengan Nomor Tanggal Bulan dan Tahun Lahir

    PELITAKARAWANG.COM - Registrasi kartu perdana nomor hand phone, sebagian masyarakat mungkin mengalami pusing registrasinya selalu gagal. Meskipun nomor NIK dalam KTP-e dan KK sama, namun tidak semua nomor NIK sama dengan nomor digit tanggal, bulan bahkan tahun lahir pemilik identitas. 

    Hal itu yang kemungkinan belum bisa diterima Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pusat sehingga membuat registrasi selalu tidak berhasil, bukan KK atau KTP- e yang palsu.

    "Registrasi selalu gagal, NIK di KTP el dan KK sama digit angkanya gak ada yang beda, tapi nomor NIK dibeberapa digit memang ada yang gak selaras dengan nomor tanggal, bulan dan tahun lahir, apakah ini alasan sulit registrasi diterima," Kaya warga Desa Ciwulan Kecamatan Telagasari, Sinta (28).

    Orang beranggapan sambungnya, KTP-e dan KK yang diterima pemilik itu palsa menjadi wajar sebut Sinta, sebab saat registrasi kartu perdana memang selalu gagal. Tetapi, tidak mungkin KTP-e yang sudah online berikut NIK dalam KK itu palsu atau manipulasi, karena sudah masuk data online. 

    Hal ini yang selalu membuat sebagian masyarakat bertanya, sehingga berkesimpulan, error itu apakah di data kependudukannya, atau memang Kominfonya yang belum menerima nomor NIK yang heda dengan digit tanggal, bulan atau tahun lahir si pemilik." Wajar beranggapan ada yang salah, entah didatanya atau di Kominfonya, masa iya data yang sudah online palsu," Katanya.

    Menyikapi itu, Kasie Pelayanan Kependudukan Kecamatan Lemahabang, Ade Saepudin mengatakan, keluhan perbedaan nomor NIK dengan digit tanggal lahir atau bulan dan tahun yang biasa terselip pada digit tengah NIK adalah curhatan klasik. Karena, KTP-e Keluaran photo SP NIK tahun 2012 memang rata-rata justri ada satu dua angka yang berbeda. 

    Bahkan, hal ini sempat membuat penolakan pemilik identitas saat registrasi di bank dan BPJS, namin sebut Ade, setelah diberikan edaran bahwa perbedaan tersebut adalah tetap sah, dimana nomor NIK tidak harus sama dengan nomor tanggal, bulan dan tahun lahir, baru BPJS dan Bank menerimanya. Sebab, waktu itu memang sedang penuh dan numpuk Undangan SP NIK perdana peralihan dari SIAK 1017 ke elektronik 321. Kalau sudah online di NIK KTP-e, maka KK harus mengikutinya. 

    Ada sebut Ade, warga yang tetap keukeuh ingin ganti nomor NIK agar sesuai dengan tanggal dan nomor bulan lahir, itu bisa saja di ajukan, tapi prosesnya sampai 2 tahun." Iya biasanya yang di foto 2012, NIK di digit angka tengahnya beda dengan tanggal, bulan dan tahin lahir, malau 2014 kesini sudah seragam kok, sama," Katanya.

    Jika BPJS dan Bank sudah faham dan menerima, sebutnya, mengapa Kominfo diduga masih menolak registrasi kartu perdana hand phone. Berarti, memang Kominfo memberlakukannya nonor NIk harus sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun lahir angkanya. Dengan kata lain, walaupun berbeda nomor NIK, ia jamin tidak ada KTP el palsu dan KK palsu apalagi nomor NIK nya.  Karena humman eror dominan justru di Kominfonya." Beda nomor NIK digitnya, di BPJD sudah diterima dan di bank juga, kenapa yang di Kominfo daftar kartu perdana kok ditolak terus, artinya Kemendagri dan Kementrian Kominfo masih Miss,"  Herannya.
    Posting Komentar


    Post Bottom Ad