Kades Mulai Resah BanGub Belum Cair - PELITA KARAWANG
Kades Mulai Resah BanGub Belum Cair

Kades Mulai Resah BanGub Belum Cair

Share This
PELITAKARAWANG.COM - Sejumlah Kepala Desa mulai resah Bantuan Gubernur (BanGub) tidak kunjung nongol hingga menjelang April ini. Menggelindingnya isu berkas ajuan yang hilang di DPMPD Provinsi, membuat pimpinan pemerintahan desa tersebut terus mengintip dana bantuan sebesar Rp 115 juta tersebut.
Kades Kedawung, H Endang Zel mengatakan, ajuan gelombang pertama sebanyak 27 Desa sudah cair, di Lemahabang sendiri sejauh ini baru Desa Ciwaringin saja, selebihnya belum, karena konon gelombang angkatan 23 yang seyogyanya bisa cair dipertengahan April, sampai saat ini masih belum juga turun, padahal kesiapan material infrastruktur dan honorarium para perangkat desa yang disebut Kinerja tersebut, sudah didepan mata. 

Disinggung alasan belum cair, Endang mengaku tidak tahu, namun kabar teranyar masih mentok di Biro Keuangan DPMPD Provinsi Jawa Barat. Berkasnya sendiri pada dasarnya ada dan tidak hilang, namun tidak tahu mengapa sampai mentok di Biro keuangan tersebut." Berkasnya ada, kita gelombang 23, belum juga cair yang katanya masih mentok di Biro keuangan," Ungkapnya.

Lebih jauh Endang menambahkan, memastikan berkas sudah masuk dan pencairan bisa segera di proses, pihak DPMPD Karawang ada yang di utus mengintip berkas tersebut di biro keuangan, yang diharapkannya sebut Endang bisa ada kepastian pencairannya. " Ada nanti orang DPMPD Karawang ke Provinsi, intip di biro keuangan untuk memastikan pencairan," Katanya.

Ento Tohir, Kades Lemahkarya Kecamatan Tempuran mengaku berkas yang sebelumnya dikabarkan hilang, ternyata masih ada, bahkan pihaknya yang mengajukan perdana gelombang 27 sudah cair semua, kecuali desanya. Sehingga wajar jika sebelumnya ia beranggapan bahwa berkas desanya hilang, sebab Cikuntul, Sumberjaya dan Purwajaya yang bersamaan mengajukan sudah lebih dulu cair. 

Namun demikian, hasil cheking dan koordinasi bersama DPMPD, ternyata tidak hilang berkasnya, sebab Senin kemarin BanGub sudah cair di desanya dan langsung menggarap infrastruktur." Bukan hilang ternyata, tapi memang belum rampung saja, karena Senin kemarin sudah langsung di cairkan," Pungkasnya.
Posting Komentar
bkd