UNBK Rampung,Ratusan Siswa SMK PGRI Telagasari Siap Terbang ke Luar Negeri

PELITAKARAWANG.COM-.  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK berakhir Kamis 6/4. Selain di ingatkan tidak berprilaku negatif meluapkan ujian final selama 3 tahun terakhir, puluhan siswa SMK PGRI Telagasari juga diwanti-wanti persiapkan diri untuk terbang ke 3 Negara melanjutkan bangku kuliah dalam program kerjasama pendidikan bilateral dengan Jepang, Taiwan dan Malaysia.

Evi Isnandar ST M.Kom, Panitia UNBK SMK PGRI Telagasari mengatakan, sebanyak 469 peserta UNBK di sekolahnya rampung, Kamis 6/4 ,dengan mengujikan 5 kompetensi kejuruan di hari terakhir, yaitu Teknik Pemesinan, Teknik Pemeliharan Mekanik Industri, Teknik Kendaraan ringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Pengelasan Logam. Selama 4 hari, para siswa Full melaksanakan UNBK tanpa tertinggal satupun. Sebelum masuk dan setelah keluar ruangan UNBK dengan 8 server ini, para siswa digembleng langsung untuk tidak melakukan prilaku negatif meluapkan ketuntasan UNBK, bahkan memastikan tidak konvoi, aksi corat-coret baju bahkan tawuran, para guru-guru memastikannya dengan mengantar langsung para siswa pulang ke rumah dengan menggiringnya. Sebab,  UNBK bukan segalanya, karena ada 120 lulusan akan mulai pelatihan kerja pada senin 9 April ini, sebelum diumumkannya hasil UNBK kelulusannya pada 2 Mei mendatang. "  Tuntas bukan berarti selesai, karena siswa masih banyak tugas lain di sekolah," Katanya.

Evi menambahkan, selain 120 orang yang akan ikuti pelatihan, 67 Siswa akan disiapkan bertolak ke Jepang, 50 siswa ke Taiwan dan lebih dari 30 siswa ke Malaysia untuk kuliah di perguruan tinggi negara tujuan tersebut. Itu hasil kerjasama pendidikan dengan luar negeri yang disalurkan via perusahaan." Insya Allah sekitar Desember diberangkatkan ke 3 negara itu, jadi harus banyak persiapannya," Katanya.

Kepsek SMK PGRI Telagasari,  Drs H Cecep Jalaludin Maulani, mengpresiasi kelancaran UNBK 4 hari terakhie, dirinya haturkan terimakasih kepada panitia dan semua pihak yang ikut sukseskam acara yang sangat menentukam nasib peserta didiknya ini. Ia ingatkan, bahwa  tanggungjawab anak-anak tidak selesai setelah UNBK ini, sebab pihak sekolahnakannterus menindaklanjutinya, apalagi pihak sekolah ini punya program unggulan, yaitu pemberangkatan siswa ke Taiwan, Jepang dan Malaysia. Khusus ke Jepang, sebut Cecep, agenda pemberangkatannya pada bulan Desember nanti, namun setelah UNBK ini, para siswa akan diajak pelatihan di Cirebon dan Purbalingga terlebih dahulu sebelum ke Jepang. Sementara yang tidak keluar negeri, silahkan ikut BLK yang ada dan serap pekerjaan industru di Karawang dengan kompetensi yang baik. Pihak sekolah, sambung Cecep, hanya pesankan agar semua siswa selalu tertib dan berkualitas. Bukam zamannya lagi anak SMK tawuran, konvoi dan corat-coret dinding orang bahkan pakaian sekolah, karena ia meyakini, lulusan SMK PGRI Telagasari tahun ini  jadi lulusan yang lebih baik dari yang sebelumnya,"  kewajiban pendidikam anak ini adalah tanggungjawab semua pihak, baik sekolah, keluarga dan lingkungannya," Katanya.
Posting Komentar