Banyak Tempat Wisata ,Pemudik Dihimbau Ambil Jalur Selatan - PELITA KARAWANG
Banyak Tempat Wisata ,Pemudik Dihimbau Ambil Jalur Selatan

Banyak Tempat Wisata ,Pemudik Dihimbau Ambil Jalur Selatan

Share This
PELITAKARAWANG.COM-.Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Endra Saleh Atmawidjaja, mengimbau agar masyarakat tidak hanya menggunakan jalur tol Trans Jawa saat mudik lebaran, namun juga menggunakan jalur nasional lintas Pantai Selatan Jawa atau Pansela.

Sebab, kata dia, jalur tersebut dilengkapi dengan berbagai sektor wisata yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat saat masa mudik lebaran, terlebih cuti lebaran saat ini diperpanjang oleh pemerintah menjadi 11 hari, sehingga masyarakat tidak perlu tergesa-gesa saat mudik.

"Jalur Nasional, Provinsi, (Pansela) termasuk kesempatan kita wisata, tentu sangat dimungkinkan untuk lebaran tahun ini. Jangan terburu-buru (mudiknya) karena euforianya. Jadi kalau kita hilang konsentrasi sedikit bisa bahaya," ucap dia di Jakarta, Sabtu 19 Mei 2018.

Meski jalur Pansela lebih panjang dari jalur Pantai Utara Jawa atau Pantura yang masing-masing sepanjang 1.405 Km dan 1.341 Km. Jalur Pansela menurutnya lebih banyak memiliki lokasi wisata, mulai dari Banten hingga Jawa Timur.

Untuk lokasi wisata jalur Pansela Banten dan Jawa Barat saja, setidaknya terdapat 16 lokasi wisata, seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Geopark, Pantai Arafa, Jembatan Cilaki, Puncak Guha, Pantai Karangtawulan, hingga Pantai Batu Hiu.

Adapun untuk Pansela Jawa Tengah, lokasi wisata yang dapat dijumpai di antaranya, Pantai Teluk Penyu, Pantai Nusakambangan, Pantai Bopong, Pantai Jetis, Pantai Nampu, hingga Waduk Gajahmungkur.

Sedangkan untuk Pansela Jawa Timur, setidaknya terdapat 36 lokasi wisata yang dapat dijumpai, dimulai dari Pantai Congot, Pantai Gesing, Pantai Ngobaran, Pantai Baron, Pantai Nglambor, Pantai Wediombo, hingga Pantai Sadeng.

Karenanya, lanjut dia, jalur Pansela ini bisa menjadi jalur alternatif yang sangat nyaman dan aman bagi masyarakat selama melaksanakan mudik lebaran 2018. Sehingga diharapkan bisa dengan baik dimanfaatkan pemudik.

"Walaupun jalannya lebih panjang, tapi kami dorong pemanfaatan ini karena liburnya lebih panjang. Penginapannya banyak, camping ada, jadi mudik wisata ini mohon jadi alternatif digunakan," paparnya.

Sebagai informasi, Pansela Jawa terdiri dari empat Provinsi, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta yang sudah tersambung sepenuhnya dan satu Provinsi yang belum tersambung sepenuhnya yakni di Jawa Timur. Adapun lebar jalur Pansela berkisar 5 meter sampai 7 meter dengan kondisi jalanan antara baik hingga sedang.

Posting Komentar
bkd