Cellica Nurrachadiana: PT Pindo Deli Ditutup Sementara


Karawang .- Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menghentikan produksi PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II akibat kebocoran gas yang mengakibatkan puluhan warga keracunan.

"Selama kejadian ini ditangani pihak kepolisian dan proses pemeriksaan tim independen, harus dihentikan terlebih dahulu produksinya," kata Bupati setempat Cellica Nurrachadiana, di Karawang, Jumat.

Ia mengambil keputusan menutup sementara pabrik kertas itu, karena peristiwa bocornya gas dari PT Pindo Deli II yang mengakibatkan warga keracunan, sudah terjadi beberapa kali.

Bupati mengaku sudah memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang untuk menghentikan total operasi coustic soda yang dilakukan PT Pindo Deli II. Penghentiannya dilakukan selama proses pemeriksaan polisi dan tim independen.

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya menyatakan hingga kini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi atas kejadian bocornya gas coustic soda yang mengakibatkan keracunan warga.

Sementara itu, sebanyak 43 warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami keracunan diduga akibat bocornya gas caustic soda dari sebuah pabrik kertas, PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II pada Kamis (17/5) malam.

Puluhan korban keracunan tersebut dibawa ke dua rumah sakit yang berbeda. Ada yang dibawa ke Rumah Sakit Delima Asih dan ada juga yang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Rosela Karawang.

Dari pengakuan masyarakat setempat, secara tiba-tiba saja pada Kamis malam itu warga mengalami mual-mual, pusing dan muntah-muntah. Mereka langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Peristiwa keracunan akibat bocornya gas pabrik kertas, PT Pindo Deli II sebelumnya juga terjadi pada Selasa (15/5). Saat itu, sebanyak 16 warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Karawang mengalami keracunan, diduga akibat bocornya gas caustic soda dari PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II.

Sebelumnya, peristiwa keracunan yang diakibatkan bocornya gas PT Pindo Deli II juga terjadi selama beberapa kali pada bulan Mei dan November 2017.
Posting Komentar