Hari Jumat dan Sabtu Adalah Puncak Haul Syekh Quro ke 159

PELITAKARAWANG.COM-.Kades Pulokalapa, Popon Fatmawati mengatakan, acara haul Syekh Quro biasa di peringati setiap tahun dengan agenda yang sama. Selain kirab hasil bumi dan ternak yang diarak keliling kampung, puncak Haul Makam Walidullah tersebut akan dilaksanakan Jumat malam Sabtu ini dengan agenda pagelaran Wayang Golek, Ceramah Agama dan babaritan. Kirab sendiri sebut Popon, sudah dilaksanakan Kamis pagi, dimana hasil bumi seperti padi, buah-buahan dan sayur dengan 2 ekor kerbau diarak keliling kampung, tujuannya untuk mendapati keberkahan dari Allah SWT bagi masyarakat Pulokalapa yang kesehariannya rata -rata bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang. Sementara kerbau 2 ekor yang juga ikut dalam kirab, itu adalah hewan yang akan di sembelih Jumat pagi untuk kemudian disuguhkan kepada para tamu undangan yang hadir di puncak acara haul.

"Kegiatan haul sudah rutin kita laksanakan, Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, insya Allah puncaknya Jumat malam ini," Katanya.

Lebih jauh Popon berharap, kegiatan haul ini bisa terus lestari dari generasi ke generasi sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT, apalagi makam panembahan ini merupakan satu dari sekian objek wisata sejarah yang sudah banyak didatangi jemaah dari luar Karawang. Semoga, keberkahan bisa terus dirasakan masyarakat Pulokalapa." Semuanya berharap berkah, ungkapan syukur saja di acara haul ini," Katanya.

Kasie Trantib Kecamatan Lemahabang Indra Kelana mengatakan, pihaknya membantu pengamanan disetiap agenda haul Syekh Quro, termasuk saat Kirab. Mobil-mobil pengangkut sesajen hasil bumi, ternak dan lainnya ikut di kawal karena banyaknya kerumunan warga yang antusias menyaksikan kirab haul tersebut. Hal ini merupakan bagian dari tradisi yang diharapkannya masyarakat tetap bisa tertib dan khidmat mengikuti setiap agenda rentetan haul." Kita ikut mengamankan saat kirab, semuanya berjalan lancar dan masyarakat sangat antusias" Katanya.
Posting Komentar