Jalan Desa di Cilamaya Hasil ADD Terputus,Ini Akibatnya - PELITA KARAWANG
Jalan Desa di Cilamaya Hasil ADD Terputus,Ini Akibatnya

Jalan Desa di Cilamaya Hasil ADD Terputus,Ini Akibatnya

Share This
PELITAKARAWANG.COM-.Sempat terancam putus digerus air,jalanan hasil ADD tahun 2017 lalu akhirnya putus dan membuat harapan akses puluhan KK  kembali hidup pupus. 

Lama dibiarkan tanpa penanganan Pemerintah ditengah seabreg ajuan, jalanan dengan panjang 250 meter di Dusun Barahan RT 06/03 Desa Cilamaya itu,Kecamatan Cilamaya Wetan, tidak tertolong.

Kata Kades Cilamaya,Kuswandi mengaku sudah kewalahan membuat laporan dan ajuan agar jalanan di pinggiran sungai Cilamaya itu segera ada perbaikan.Susah jika hanya mengandalkan tanggul manual, apalagi hanya oleh desa dan Kecamatan,sementara Pemkab dan BBWS yang jadi kewenangannya, tidak kunjung turun cek lokasi dan reaktif membenahi tanggul yang memutuskan jalanan tersebut.Warga reaksinya biasa saja,karena memang ada jalur alternatif setelah jalanan tersebut ditutup sebulan terakhir,  padahal warga yang lalu lalang melintasi jalan tersebut, sekitar 25 KK. " Ya pemberitahuan dan ajuan mah sudah kesamaan kemari, cuma ya mau bagaimana gak ada yang merelokasi," Katanya.

Sebelumnya,Kaur Trantib Desa Cilamaya Wahyu mengatakan titik rawan bencana di Dusun Baraha  RT 006/003 Desa Cilamaya diketahui berkat laporan masyarakat adanya longsordi bawah jalam akibat abrasi Sungai Cilamaya. "Longsoran tanggul penahan sudah menggerus persis dibawah jalan coran dengan lebar tiga meter dan kedalaman kesamping sekitar  50 centimeter," ucap Wahyu.

Dikatakan Wahyu, kondisinya memang tidak hujan dan tidak banjir tetapi saat ini yang dikhawatirkan bukan lagi air meluap melainkan tanggul jebol. "Kondisinya nanti air bukan meluap, tapi jebol karena terus terkikis," katanya.

Wahyu menambahkan yang terkikis tersebut adalah jalan setapak hasil realisasi ADD tahun 2017 dengan lebar jalan sekitar 1,5 meter, tinggi 10 centimeter dan panjangnya 250 meter. Bahkan, khawatir membahayakan jika masih dilalui, maka jalanan itu sementara tidak difungsikan dahulu karena mengancam keselamatan yang melintas."Jalanan itu dari ADD tahun kemarin, ya karena abrasinya 4 meter, semakin tergerus kondisinya," ungkapnya.
Posting Komentar
bkd