Jokowi akan Aktifkan Antiteror 'Super Elite' TNI dengan Catatan - PELITA KARAWANG
Jokowi akan Aktifkan Antiteror 'Super Elite' TNI dengan Catatan

Jokowi akan Aktifkan Antiteror 'Super Elite' TNI dengan Catatan

Share This

Jakarta - Presiden Joko Widodo berbicara soal pengaktifan kembali Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI. Pasukan ini akan terlibat menanggulangi terorisme dengan catatan.
"Proses membentuk Komando Pasukan Khusus gabungan yang berasal dari Kopassus, Marinir Paskhas dalam rangka beri rasa aman pada rakyat, tapi dengan catatan itu dilakukan apabila situasi sudah di luar kapasitas Polri," ujar Jokowi dalam acara buka puasa bersama menteri dan pimpinan lembaga di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (18/5/2018). 





Menurut Jokowi, saat ini penting untuk mengedepankan tindakan pencegahan ketimbang penindakan aksi terorisme. Bagaimana caranya?

"Langkah preventif paling baik adalah bagaimana kita semuanya membersihkan lembaga pendidikan dari TK, SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, dan ruang publik di tempat umum dari ajaran ideologi yang sesat, yaitu terorisme," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menerangkan Presiden Joko Widodo merestui pembentukan Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI untuk menanggulangi terorisme. Koopssusgab akan berada di bawah komando Panglima TNI. 



"Untuk komando operasi khusus gabungan TNI, sudah direstui oleh Presiden dan diresmikan kembali oleh Panglima TNI," ujar Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (16/5).

Polri turut mendukung terlibatnya TNI dalam penanganan teroris itu. Wakapolri Komjen Syafruddin menegaskan tugas Koopssusgab tak akan tumpang-tindih dengan Polri. Dia juga menyebut Koopssusgab sudah sesuai dengan aturan. 



Sumber : detik.com
Posting Komentar
bkd