Kabar Gembira Untuk Calon Jammah Haji Bisa Terbang Lewat Bandara Kertajati

PELITAKARAWANG.COM-.Pemerintah di era Jokowi - Jusuf Kalla mengklaim masifnya infrastruktur di berbagai daerah, salah Pemerintah di era Jokowi - Jusuf Kalla mengklaim masifnya infrastruktur di berbagai daerah, salah satunya difokuskan di Jawa Barat.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyampaikan, konektivitas antardaerah menjadi prioritas. Jawa Barat yang diketahui berpenduduk terpadat, telah dibuatkan Bandara Kertajati dan Pelabuhan Patimban.

"Kertajati satu bandara yang sangat mengagumkan. Ini satu langkah yang luar biasa," kata Budi, Minggu 20 Mei 2018.

Menurut Budi,Bandara Kertajati yang berstandar internasional, membuat warga yang berdomisili di Jawa Barat tak perlu jauh - jauh lagi mencari penerbangan dengan berbagai rute.

Selain itu, kata dia, tujuannya dibuatkan Bandara, juga akan menampung calon jemaah haji yang jumlahnya cukup besar dari tanah 'Bumi Pasundan' itu.

"Bagaimana masyarakat Jawa Barat bagian timur dan utara ini bisa mendapatkan suatu layanan udara yang baik," ujarnya.

Selain Kertajati,kata Budi,yang bakal mendorong perekonomian Jawa Barat ialah dibangunnya Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Pelabuhan diharapakan tidak sekadar aktivitas perdagangan, tapi bakal menyedot geliat ekonomi lain bagi sekitarnya.

"Dan saya persilakan kalau pelabuhan (Cirebon) kita jadi daerah turis saja. Supaya Cirebon makin maju, Cirebon semakin banyak yang datang," kata dia.

Di kesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur bakal berdampak pada jangka panjang.

Tidak hanya soal keterhubungan atau konektivitas satu daerah dengan lainnya, akan tetapi infrastruktur dapat memotong rantai distribusi yang selama ini begitu panjang.

"Sekarang kenapa infrastruktur, tantangan kita sebagai negara besar ini antara lain ada kesenjangan wilayah, antara barat dan timur, kesenjangan dan kaya yang miskin. Khususnya infranstruktur di barat dan timur," kata dia.

Selain soal konektivitas seperti jalan tol, pelabuhan dan bandara, Basuki menuturkan, infrastruktur lain yang dibangun ialah berkaitan dengan kehidupan masyarakat. Di Jawa Barat saja, Waduk Jatigede yang mulai beroperasi, diproyeksikan mampu menampung air hampir hingga 1 miliar meter kubik.

"Untuk Jawa barat bagaimana, tahun 2018 ini APBN di Kementerian PUPR sekitar Rp106 triliun, Rp5,4 trilun untuk Jawa Barat. Ini ada untuk air, jalan dan jembatan, perumahan dan air minum," kata dia. difokuskan di Jawa Barat.

Tidak ada komentar