Mau Akreditasi, Puskesmas Tempuran Ngebut Simulasi - PELITA KARAWANG
Mau Akreditasi, Puskesmas Tempuran Ngebut Simulasi

Mau Akreditasi, Puskesmas Tempuran Ngebut Simulasi

Share This
PELITAKARAWANG.COM -  Puskesmas Kecamatan Tempuran, mau digarap asesor Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dalam program Akreditasi pekan ini. Selain sejumlah persiapan sarana dimatangkan, program kesehatan lingkungan dan layanan juga dikebut demi hasil menyandang predikat Dasar, Madya dan Paripurna.

Petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling) Puskesmas Tempuran, Amirin Bukhori mengatakan, akreditasi kemungkinkan digarap asesor minggu-minggu ini. Walaupun waktunya masih belum ditentukan, namun sejumlah persiapan sudah digarap selama beberapa bulan terakhir, bahkan mengejar deadline, pihaknya bersama Staff manajemen karyawan Puskesmas getol melakukan simulasi dan penyempurnaan hingga bekerja siang dan malam." Waktu pelaksanaan gak di tentuin, sepertinya minggu-minggu ini, yang jelas kita simulasi terus," katanya.

Untuk Kesling sendiri sebutnya, beres-beres berkas didalam ruangan dan luar gedung sudah menjadi keharusan, disamping kebersihan lingkungan, sarana dan instalasi listrik. Bahkan, di hari libur juga, semua pegawai masuk mulai pagi sampai larut malam menyempurnakan  apa saja yang menjadi indikator penilaian, seperti rencana kerja,  Kerangka acuan kegiatan , Rencana Tindak lanjut Program (RTL) dan membuat Standarisasi Operasional Pegawai (SOP), diharapkan apa yang menjadi persiapan saat ini bisa membuahkan hasil yang baik dalam poin akreditasi nanti." Ya semuanya kita garap, hari libur juga kita kerjakan apa saja yang harus menyempurnakan indikator penilaian," Katanya.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Tempuran, Ajiz Solahudin S.Km mengatakan, sejumlah simulasi, profil dan segala indikator penilaian dalam akreditasi sudah dipersiapkannya dengan baik. Sekurang-kurangnya, ia bisa sejajar dengan Puskesmas lainnya dalam hasil akreditasi bobotnya, seperti Dasar atau juga Madya, karena menuju Paripurna diakui Ajiz, hal itu masih jauh. Rencananya, garapan akreditasi ini akan dilaksanakan selama 2 harian, bukan saja melibatkan Staff dan karyawan Puskesmas, tetapi juga pada stakeholder pendukungnya, seperti camat, Kapolsek, Koramil dan sejumlah Kepala Desa yang akan digarap wawancara. " Yang penting kita fokus saja untuk menyempurnakan indikator yang akan dinilai asesor, kita matangkan, " Pungkasnya.
Posting Komentar
bkd