Menengok Ramadhan Ala Pesantren Yatim Al Burdah

PELITAKARAWANG.COM -  Jika Pondok Pesantren pada umumnya bisa buka puasa dan sahur bersama di lingkungan komplek Pesantrennya, lain halnya dengan anak-anak Pesantren Al Burdah Dusun Kecemek Desa Bayurkidul Kecamatan Cilamaya Kulon. 

Pondok dengan santri mukim para anak yatim ini makan dan minum mengandalkan uluran tangan para donatur dan pengasuh pesantrennya. 

Tercatat, 26 santri yatim mukim asal Bogor, Tangerang dan Jakarta diasuh setiap hari bukan saja pendidikan agama, tetapi juga wirausaha dan mengembangkannya lewat dana dari para donatur tahunan dan bulanan.

Pimpinan Pondok Pesantren Yatim Al Burdah Bayurkidul, KH Aming Amrullah mengatakan,  jumlah santri yatim yang dikelolanya ada 700 anak, namun yang mukim mondok itu ada 26 anak, mereka berasal dari Bogor, Tangerang, Jakarta dan Bekasi. 

Selain di didik pengajian agama, para yatim yang dikelolanya ini juga beriwrausaha untuk mengembangkan bantuan dari para donatur yang Sudi merelakan bagian infaqnya untuk anak-anak yatim di pondoknya. 

Para santri sebut Kiai Aning, buka puasa mengandalkan takjil dari para donatur insidentil langsung ke Pondok, bahkan sesekali diajak ke Rumah Makan dan Bakso oleh donatur untuk makan bersama. Sementara kalau sahur sebut Aning, seperti biasa di kelola oleh pengurus dan kantin. 

" Kebanyakn para donatur insidetal mengantarkan makann ta'jil ke pondok, kadang dibawa ke Rumah Makan, tapi. Kalau makan dan sahur, seperti biasa dikelola oleh pihak pengurus/kantin," Katanya.

Kiai yang juga ahli seni Wayang Golek ini menambahkan, Anak-anak yatim yang mondok di pesantren nya ini rata-rata  usia SD dan MTs/SMP. Mereka beberapa hari terakhir, di ajak makan donatur bernama H Iik untuk makan bakso bersama di Desa Tegalwaru. Banyak sebutnya, Donatur tetap yang sudah menyumbangkan hak anak yatim ini, seperti H Isam pasar beras johar, Toko Ampera Karawang,  H Harmadi Cikampek dan lainnya, kalau dihitung  d ada sekitar 20 donatur yang sanggupi mencukupi makanan anak-anak yatim selama Ramadan ini,  termasuk dari Dinsos Karawang. 

Selain itu sebutnya, ada pula donatur Wakaf Sawah, Keuangan yang diolah dalam bentuk peternakan, pertanian dan dagang." Banyak donatur, Alhamdulillah kita untuk cukupi kebutuhan anak yatim pesantren selama Ramadan ini," ungkapnya.

Lebih jauh Aning menambahkan, bukber bagi santrinya sudah menjadi hal biasa dengan kesederhanaa, nanti pada 10 Juni, 800 anak yatim akan di kumpulkan  bersama untuk menerima dana lebaran hasil dari sumbangan para donatur tersebut. Sementara buka puasa bersama dengan 50 jompo dan 50 yatim akan digelarnya pada 3 Juni ini, semoga sebut Aning, semua berjalan lancar dan para donaturnya selalu diberkahi Rizqi ya oleh Allah SWT. " semua hal yang sederhana sudah hal biasa, semoga bisa manfaat buat yatimnya, dan berkah Rizki donaturnya," katanya. 
Diberdayakan oleh Blogger.