Pemkab Karawang Gandeng Imaka Jadi Agen Pembangunan

PELITAKARAWANG.COM-.Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menggandeng Ikatan Mahasiswa Karawang (Imaka) untuk menjadi agen pembangunan. Hal ini terungkap dalam dialog tentang jalan rusak dengan Imaka, di Ruang Rapat 3 Gedung Singaperbangsa, Komplek Kantor Pemkab Karawang, Senin (21/5/2018).

"Imaka akan menjadi agen pembangunan pemkab (Karawang). Mereka akan memberikan informasi kepada kami (pemkab) mengenai jalan rusak yang perlu diperbaiki dan persoalan lainnya," ujar Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Tujuannya, tambah bupati, untuk memberikan masukan demi kemajuan pembangunan di Karawang. 

Bupati  mengakui Pemkab Karawang tidak bisa menyelesaikan persoalan, seperti perbaikan jalan, secara serta-merta. Sebab, harus melalui prosedur lelang dan menyesuaikan anggaran yang tersedia.

"Kami juga menetapkan prioritas. Sebelum ada perbaikan (pembetonan atau pengaspalan), akan terlebih dulu dilakukan perbaikan sementara atau pemeliharaan jalan," ujar bupati.

Ia mengungkapkan, perbaikan jalan rusak akan dilakukan secara bertahap, yakni 65 persen di tahun pertama, 70 persen di tahun kedua, dan 90 persen di akhir periode jabatan Cellica-Jimmy.

"Jadi tidak bisa sekaligus diselesaikan dalam satu tahun. Terlebih, jalan ada yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten, provinsi, maupun pusat," katanya.

Oleh karena itu, bulan lalu Pemkab Karawang melobi pemerintah pusat soal pengambilalihan Jalan Interchange Karawang Barat dan Karawang Timur.

"Tujuannya agar anggarannya bisa digunakan untuk pembangunan di wilayah lain," katanya.

Salah seorang pengurus Imaka, Ahmad Rohiman meminta komunikasi antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menjalankan program dan kegiatan pemerintah. Hal ini untuk menghindari salah komunikasi yang mengakibatkan pembangunan menjadi terhambat.

"Komunikasi perlu ditingkatkan. Alhamdulillah bupati (Cellica) dan jajarannya sudah merespon, dengan akan membuat command center dan layanan pengaduan," tambahnya.
Diberdayakan oleh Blogger.