Pemohon SKCK Meningkat, Ini Penyebabnya - PELITA KARAWANG
Pemohon SKCK Meningkat, Ini Penyebabnya

Pemohon SKCK Meningkat, Ini Penyebabnya

Share This
PELITAKARAWANG.COM - Paska kelulusan siswa di akhir tahun ajaran, bukan saja pemohon kartu pencari kerja atau kartu kuning yang diburu para lulusan baru, tetapi juga Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolsek. 

Jika hari-hari biasa hanya melayani penerbitan SKCK kurang dari 10 lembar, saat ini akibat permohonan tinggi dari lulusan terbaru,  bisa melebihi 20 lembar setiap harinya.


Nasyudin misalnya, lulusan SMK Griya Cilamaya ini mengaku ingin langsung kerja dengan melengkapi surat-surat dan syarat yang dibutuhkan. Dirinya lulusan tahun 2016 lalu, hendak membuat lagi SKCK karena yang lama sudah habis masa berlakunya. Hasilnya, diakui Nasyudin, harus antri lantaran banyaknya pemohon, utamanya lulusan yang baru. Diakuinya, selama dua tahun terakhir, dirinya memilih wirausaha dan tidak kerja karena sulit, namun saat ini ia ingin serius mencari kerja karena kebutuhan ekonomi, karenanya ia datangi Mapolsek untuk diterbitkan SKCK. 

Hasilnya, sebut pemuda asal Desa Langgensari ini pelayanan pembuatannya sangat mudah dan cepat, karena langsung di Polsek dan tidak harus jauh-jauh ke Polres.

"  Ya untuk keperluan kerja sih, nyari dulu dan sekarang mau melengkapi berkasnya," Katanya.

Sementara itu, Kasie Pelayanan Administrasi SKCK dan Perizinan Polsek Cilamaya, Aipda H Cecep mengatakan,  setiap hari -hari normal ia biasanya hanya melayani dan menerbitkan kurang dari 10 SKCK, namun saat banyak lulusan baru saat ini diakui Cecep, jumlahnya meningkat sepekan terakhir. 

Bahkan, walaupun dibatasi 20 lembar saja setiap, hari, tapi permintaan lebih dari itu, baginya kalau ada kelebihan blanko dalam sehari bisa lebih dari 20 lembar. " Sehari cetak juga jadi, kebetulan sekarang ini banyak permintaanya," katanya.

Lebih jauh ia menambahkan, selama syarat memenuhi, SKCK bisa langsung didapati para lulusan baru yang hendak mencari kerja. Cukup melampirkan Akte Kelahiran, KK, Foto 4 x 6 dan KTP el atau Suket, input data sudah bisa dilakukan, bahkan di hari Sabtu juga buka setengah hari bagi siswa yang masih ingin dilayani. 

" Selama syaratnya memenuhi, kita stand by sampai pukul 15.00 sore, termasuk Sabtu setengah hari juga dilayani," ungkapnya.
Posting Komentar
bkd