Seni dan Seniman Jaipongan Karawang Nasibnya Seperti Ini

PELITAKARAWANG.COM-. Seni Kliningan atau Jaipong, sempat tersohor di Desa Cilewo Kecamatan Telagasari era tahun 1980 an. Sejumlah Group sinden dan rampak gendang seperti Jugala Group, Ujang Bey Group, Dadali Group dan Sampurna Group, sudah redup ditinggal para seniman tanpa generasi. Bukan saja lumbung pesinden Jaipong, Desa induk ini juga memiliki banyak dalang wayang golek yang saat ini juga sama redupnya.

Hal itu diakui Kepala Desa Cilewo, Omang Rohman. Kades Pergantian Antar Waktu (PAW) yang juga seniman kendang Group Sampurna ini mengaku prihatin dengan potensi seni di Desa Cilewo yang semakin redup, termasuk groupnya sekalipun bubar sejak tahun 2000. Alasannya,selain keterbatasan alat keseniannya, persaingan dan minimnya regenerasi seniman menjadi penghambat seni Jaipong dan Wayang golek berkembang di desa ini. Bahkan, group Jaipong seperti Jugala, Amin Group dan Dali hanya tinggal plang saja, begitupun para pesinden kawihnya yang sudah sepuh dan meninggal. Di sisi lain, regenerasi saat ini minim minat mengulik seni-seni yang menjadi gudangnya di Karawang ini." Tinggal plang saja , kita prihatin seni Jaipong semakin redup disini. Padahal dulu sempat tersohor,"Katanya.

Omang menambahkan,terbesit keinginan dirinya ingin kembangkan lagi seni-seni jaipong yang sudah terkenal di Jawa Barat dengan rampaknya. Namun,disayangkannya,ketiadaan sanggar dan tempat-tempat pembinaan bagi generasi seni ini, diakuinya tidak sehebat di Kabupaten/kota lainnya. Sehingga, sebut Omang, group sinden di Cilewo dan Wayang Golek seperti Ki Dalang Hengki Mukhtar, Ujang Mukhtar AS Tumaritis dan lainnya,cenderung hidup matinya dengan nafas sendiri,tanpa sentuhan lebih dari Pemkab. Karenanya, kalau pemerintahan desa bisa ada ploting untuk mengembangkan kesenian itu, tentu saja pihaknya ingin bantu setelah dirinya menjabat Kepala Desa saat ini, namun apa daya, keterbatasan dana dan kewenangan, dibutuhkan proses yang tidak instan." Bangkrut oleh sendiri, majunya juga sendiri tanpa sentuhan lebih dari Pemerintah," Katanya.
Posting Komentar