Tidak Ada Yantap Berkas Calon BPD di Karawang

PELITAKARAWANG.COM-.Jelang Pemilihan Anggota BPD, sejumlah Calon mulai ancang-ancang menyiapkan berkas persyaratan. Namun, meskipun dianggap ketat karena harus melampirkan SKCK, Surat Pengadilan, Kartu identitas kependudukan dan Ijasah Legalisir, DPMPD tidak membuat panitia khusus Kabupaten untuk verifikasi dan validasi berkas tersebut dalam pelayanan satu atap (Yantap) lazimnya calon kades, karena panitia 11 memiliki wewenang penuh mengeksekusi kelayakan calon.


Kasie Tata Kelola Pemerintahan DPMPD Karawang, Andry Irawan mengatakan, panitia 11 yang dibentuk desa memiliki wewenang penuh selama tahapan pemilihan anggota BPD baru selama Mei - Oktober mendatang. Namun demikian, prosedur tetap harus dijalankan sesuai tahapan dalam Peraturan Bupati (Perbup). Bahkan, saking memiliki kewenangan khusus, panitia juga punya hak mengeksekusi kelayakan syarat calon BPD untuk ditetapkan, sebab berbeda dengan Pilkades dimana Calon Kades berkasnya wajib di periksa dalam Verifikasi dan Validasi di Pelayanan Satu Atap (Yantap) Kabupaten, untuk berkas BPD ini sama sekali tidak ada. Sehingga sambung  Andry, berkas seperti Akte Kelahiran, KK, KTP el warga dusun setempat, SKCK, Surat Pengadilan dan Ijasah Legalisir adalah kewenangan panitia dan berhak meloloskan atau tidak meloloskan calon BPD dengan berkas yang dilampirkan. Sebab, DPMPD tidak menerima atau memintai laporan berkasnya, kecuali sebatas tembusan berikut pada Camat setempat. " Di Kabupaten gak ada panitia khusus, sehingga gak ada Yantap. Jadi berkas syarat calon ya silahkan di periksa dan di eksekusi oleh Calon," Katanya.


Andry menambahkan, dengan aturan dan kewenangan yang banyak dipercayakan kepada panitia, ia semakin yakin bahwa panitia dan masyarakat desa semakin antusias mengikuti tahapan kegiatan pemilihan BPD yang disarankannya lewat Musyawarah Dusun (Musdus). Bahkan ia mendengar, di beberapa desa juga kandidat sudah semakin banyak bermunculan, terlepas faktor insentifnya yang mulai naik, atau memang kuota yang diperkecil jumlahnya, yang jelas partisipasi masyarakat patut diapresiasnya. Untuk itu, ia berharap, semua panitia bisa profesional selama bekerja dan ikuti semua tahapan sebagaimana dalam lampiran Perbup teknisnya. " Dengan profesionalitas panitia, saya kok yakin pemilihan BPD ini sangat disambut antusias masyarakat," Katanya.


Panitia Pemilihan BPD Desa Ciwaringin, Nana Nurundana mengatakan, walaupun berkas syarat calon BPD itu tidak masuk DPMPD, karena jadi wewenang panitia, pengetatan syarat bakal calon ini untuk menseleksi banyaknya calon di wilayah desa, sehingga yang terpilih itu yang benar-benar memiliki kapabilitas yang mumpuni. Seperti PNS harus seizin atasan OPD nya, begitupun TANI/Polri, bahkan identitas kependudukan dan Ijasah pun harus dilampirkan yang legalisir. Ini penting, karena walau tidak masuk ke DPMPD, tapi jadi berkas pemerintah desa, jika sewaktu-waktu diperlukan, seperti pemeriksaan Inspektorat." Ya walaupun wewenang dari panitia, kita profesional dengan mengetatkan  berkas syarat calon BPD ini,"  Katanya. 

Tidak ada komentar