Ada Diskon Tarif Tol hingga 28% saat Mudik


Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama perwakilan BUJT, pada Kamis (31/5/2018) menggelar rapat di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta. Rapat membahas mengenai diskon tarif tol untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

Dari rapat tersebut, sebanyak 8 BUJT menetapkan diskon tarif tol saat Lebaran. BUJT yang dimaksud adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Hutama Karya, Nusantara Infrastruktur, dan Jakarta Lingkar Barat Satu.

Selanjutnya, Citra Marga Nusapahala Persada, Margabumi Matraraya, Astra, dan Waskita Toll Road.

Berikut informasi selengkapnya mengenai diskon tarif tol untuk Lebaran: 



Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi menyampaikan diskon tarif tol ini diberlakukan berdasarkan inisiasi dari BUJT tanpa intervensi pemerintah. Diskon ditetapkan tanpa menggunakan Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR.

"Nggak perlu pakai SK. Ini bukan intervensi pemerintah. (BUJT) sekalian memanfaatkan diskon untuk memberi layanan yang jauh lebih baik," katanya saat memberi keterangan usai rapat, Kamis (31/5/2018).

Diskon 10% berlaku untuk seluruh ruas tol yang dikelola oleh Jasa Marga. Sementara Hutama Karya memberi diskon untuk Akses Tanjung Priok, Bakauheni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya, dan Medan-Binjai.

Selanjutnya Nusantara Infrastruktur untuk ruas Makassar Seksi IV, dan Ujung Pandang Tahap I dan II. Jakarta Lingkar Barat Satu berlaku untuk ruas JORR W1 (Kebon Jeruk-Ulujami. Citra Marga Nusapahala Persada berlaku untuk ruas Cawang-Tanjung Priok-Jembatan Tiga/Pluit, dan Soreang-Pasirkoja.

Kemudian Margabumi Matraraya diskon berlaku untuk ruas tol Surabaya-Gresik. Diskon tarif tol oleh Astra berlaku untuk ruas Tangerang-Merak, Cikampek-Palimanan, dan Jombang-Kertosono.

Sementara Waskita Toll Road memberlakukan tarif tol mulai dari 10% hingga 28%. Diskon 10% berlaku untuk ruas Kanci-Pejagan, dan Pejagan-Pemalang. Sementara Bekasi-Cawang-Kampung Melayu didiskon 28%.



Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sepakat memberi diskon tarif tol saat Lebaran mulai dari 10% hingga 28%. Diskon diberikan di tanggal-tanggal tertentu.

Pertama, diskon tarif tol diberlakukan pada 13-14 Juni dan 18-19 Juni 2018. Ruas yang didiskon tarifnya adalah ruas tol milik Jasa Marga di antaranya Cawang-Tomang-Pluit, Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. 

Selain ruas tol milik Jasa Marga, ada pula ruas tol BUJT lainnya seperti Tol Akses Tanjung Priok, Bakauheni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya, dan Medan-Binjai.

Selanjutnya ruas tol Makassar Seksi IV, Ujung Pandang Tahap I dan II, JORR W1 (Kebon Jeruk-Ulujami), Cawang-Tanjung Priok-Jembatan Tiga/Pluit, Soreang-Pasirkoja, Kanci-Pejagan, dan Pejagan-Pemalang, serta Surabaya-Gresik.

Diskon juga ada di hari Lebaran, yakni mulai tanggal 15-17 Juni 2018. Berlaku di ruas tol Tangerang-Merak, Cikampek-Palimanan, dan Jombang-Kertosono. Terakhir pada 8-23 Juni 2018, diskon berlaku di ruas tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu.



PT Waskita Toll Road memberi diskon sebesar 28% pada ruas Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Diskon berlaku selama 15 hari, per tanggal 8-23 Juni. Diskon ini pun lebih tinggi dibandingkan ruas tol lain yang hanya 10%.

Direktur Utama Waskita Toll Road Herwidiakto mengatakan diskon yang tinggi diberikan agar dapat menarik minat pengendara menggunakan tol tersebut.

"Becakayu itu di Jabodetabek. Jabodetabek saat Lebaran sepi, jadi biar nggak sepi. Jadi sudah kita hitung, selisihnya dengan harga waktu Jakarta ke luar kota, relatif tidak signifikan," kata Herwidiakto di Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Lebih lanjut dia mengatakan diskon yang tinggi ini tak terlalu mempengaruhi kondisi keuangan, khususnya pendapatan perusahaan.

"(Potensi pengurangan) kecil, hanya sekitar nggak sampai 5% dari saat kita nggak diskon kan saat itu. Karena ruas itu belum penuh, agak gede dan agak panjang," katanya.

Di tempat terpisah, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR juga mengatakan ruas tol Becakayu belum banyak penggunanya. Dengan diskon sebesar itu diharapkan bisa menarik minat pengguna kendaraan roda empat menggunakan tol tersebut.

"Kenapa Becakayu (diskon 28%) sekalian juga mempromosikan karena sekarang belum banyak pengguna jalan tol tersebut, sehingga menggunakan momen ini, diskonnya cukup besar untuk promosikan Becakayu," katanya di Kantor Kementerian PUPR.




Sumber : detikfinance
Posting Komentar