Berkas Syarat Calon BPD Tidak Usah Legalisir

PELITAKARAWANG.COM-  Syarat berkas calon anggota BPD sedang dihimpun di meja-meja panitia dalam seminggu terakhir ini. Ketiadaan Pelayanan Satu Atap (Yantap) membuat Panitia mengambil wewenang penuh kelayakan calon anggota BPD disetiap desa. Bahkan, berkas syarat calon seperti Akte, KK hingga Ijasah tanpa legalisir tetap Syah selama verifikator panitia mengaturnya internal sesuai kesepakatan.


Kasie Pemerintahan Kecamatan Cilamaya Wetan, H Nurhasan Al Farisi mengatakan, untuk persyaratan anggota BPD  yang Huruf   h, i, dan j,  tidak ada klausul yang harus memakai keterangan dari Pengadilan dan Kejaksaan. Termasuk legalisir berkas calon, seperti misalnya akte kelahiran yang dikeluarkan Catpil luar Karawang, maka harus dilegalisir Catpil Kabupaten/kota kelahirannya, hal itu tidak perlukan.  karena, panitia ia minta Cukupkan pernyataan dari yang bersangkutan, kecuali Untuk SKCK bisa dilakukan di Polsek setempat ." Jangan memberatkan calon, apalagi calon yang memang jumlahnya sedikit, legalisir dan pengadilan itu tidak perlu," katanya.


Sementara untuk Calon BPD dari PNS,  cukup izin pembina kepegawaian tingkat Kecamatan, begitupun dari unsur polri dan TNI, ia berharap semua panitia terus menjalin komunikasi dengan Kasie Pemerintahan termasuk dirinya ke DPMPD, itu semua agar lancarnya tahapan musyawarah BPD disetiap desa." yang dari PNS, cukup izin pembina kepegawaian tingkat kecamatan saja," ujarnya.


Kasie Tata Kelola DPMPD Karawang, Andry Irawan mengatakan,soal seleksi , syarat dan kewenangan syarat calon sepenuhnya ada di panitia, Itulah makanya ada anggota panitia ini harus ada yang berasal dari unsur perangkat desa. Itu dilakukan agar dapat melakukan penelitian berkas terkait persyaratan pokok calon anggota BPD, baik usia, pendidikan dan tempat tinggal, karena yang hafal lapangan itu adalah Pemerintah desa itu sendiri. sehingga tanpa legalisir,  panitia bisa memastikan keabsahannya dan Pemerintah desa yanb melaksanakannya, dalam hal ini secara teknis oleh panitia." Kami menghimbau agar masyarakat berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan yg merupakan kepentingan desa sendiri. Yaitu melalui partisipasi dan pengawasannya," pungkasnya. 

Posting Komentar