JAKARTA, - Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Kemanusiaan Ketupat Jaya jelang hari raya Idul Fitri 2018.

Operasi ini rutin digelar setiap tahun untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta lalu lintas selama arus mudik berlangsung. 

"Berkaitan dengan kegiatan Lebaran, Polda Metro Jaya besok pada 6 Juni di Monas akan ada gelar pasukan, kami akan mengecek kesiapan semua yang terlibat dalam Operasi Kemanusiaan Ketupat Jaya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (5/6/2018).

"Setelah itu, pada 7 Juni sudah dimulai Operasi Kemanusiaan Ketupat Jaya 2018," tambah dia.  

Pihaknya akan menyiagakan 143 pos pelayanan dan pengamanan yang memiliki sejumlah fungsi untuk menunjang kebutuhan pemudik. 

"Artinya pos pelayanan ini nanti ada beberapa instansi terkait yang terlibat di pos pelayanan tersebut. 

Nanti ada mobil derek, ada ambulans, ada bengkel yang kami gunakan untuk fasilitas para pemudik," ujar Argo.  

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan 5.200 personel serta petugas cadangan.  

"Ada pos polisi, TNI, dan masyarakat yang akan membantu di dalam kegiatan kelancaran arus mudik di sana. Jadi nanti semua sudah kami plot dan para kapolres sudah menentukan titik-titik mana saja yang harus kami isi," katanya.  

Untuk mengurai kemacetan, Polda Metro Jaya akan bekerja sama dengan Jasa Marga yang telah memiliki fasilitas kamera CCTV yang memadai. 

"Sehingga kalau ada macet di jalan tol kami bersama Jasa Marga sudah memantau dengan berbagai ratusan kamera CCTV. Kami lihat nanti di Cikarang bagaimana untuk lalu lintasnya seperti apa," ujar Argo. 



Sumber : Kompas.com