Bupati Karawang Berikan Bantuan ke Mesjid Tertua "Pemilik.Tradisi Lebaran Sekampung" - PELITA KARAWANG
Bupati Karawang Berikan Bantuan ke  Mesjid Tertua "Pemilik.Tradisi Lebaran Sekampung"

Bupati Karawang Berikan Bantuan ke Mesjid Tertua "Pemilik.Tradisi Lebaran Sekampung"

Share This
PELITAKARAWANG.COM -  Dijaman penuh aksi demo dan makin tampaknya perbedaan tingkatan ekonomi dimasyarakat,tentunya makin sulit mempersatukan warga satu dengan lainnya.Namun hadirnya kesenjangan ekonomi dan tahta tersebutntak berlaku untuk di Dusun Bengle,Desa Pancakarya Tempuran,Karawang.(15/6/2018).

Hal tersebut bisa terfaktakan manakala mereka sudah melaksanakan sholat sunah berjamaah Idul Fitri yang dilanjut acara halal bilhalah oleh warga sekampung Bengle setelah beresnya mereka menjalankan sholat Ied.

Halal bilhalal oleh warga Sekampung Bengle biasa dijalankan usai mereka melaksanakan Sholat Ied.

Halal bilhalal mereka dimulai dari Imam sholat sunat Ied yang berjalan menuju makmum dibelakangnya yang kemudian bersalaman lanjut berputar kesemua makmum lelaki sampai permpuan,itu dilakukan oleh semua jammah sholat Ied yang muda sampai yang tertua.
Kebiasaan ini sudah lama berjalan,dan kabarnya halal bilhalal sekampung ada sejak berdiri mesjid Jame Nurul Islam ,(puluhan tahun silam silam).

Satu kampung yang semua beragama Islam ini,tradisi Lebaran sekampung adalah momen yang ditunggu-tunggu.Pasalnya,selain bersilaturahmi lebaran bisa beres dengan waktu dua jam saja untuk warga sekampung, juga bermanfaat mencurahkan rasa rindu mereka kepada sejumlah warga yang pulang kampung dari rantau ataupun,datangnya puluhan warga Bengle yang sudah menetap di luar kampung atau daerah lain namun dengan sengaja mereka menjalankan Ied dikampung halaman yakni di mesjid Jame Nurul islam
Mesjid tertua di Desa Pancakarya ini,tiga hari sebelum lebaran (Selasa,12/6/2018) telah didatangi Bupati Karawang,kehadiran dr Cellica Nurrhadiana ke mesjid tersebut dalam rangka memberikan sejumlah bantuan berupa puluhan kursi plastik,perangkat sholat termasuk bantuan sembako bagi para pemuda yang bertugas Tadarusan di malam Ramadhan dan pengurus DKM setempat.


Berita ini diturunkan,pantia pelaksanaan Lebaran Sekampung di Dusun Bengle sedang mempersiapkan sarana untuk melaksanakan Sholat Ied di Mesjid Jame Nurul Islam.
Posting Komentar
bkd