Bekasi - PT Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa `contraflow` atau lawan arah selama 1,5 jam di KM35 hingga KM47 arah Cikampek, Jawa Barat, Jumat siang.

"Contraflow kami berlakukan sejak pukul 12.57 WIB hingga 14.15 WIB untuk mengurai kepadatan," kata Media Relations Manager PT Jasa Marga Herald Galingga di Bekasi.

Menurut dia, upaya itu dilakukan menyusul kepadatan lalu lintas menjelang rest area KM39 Jalan Tol Jakarta-Cikampek akibat lonjakan pemudik jarak dekat.

Tepat pukul 14.15 WIB `contraflow` dari Km 35+600 hingga Km 47 arah Cikampek Jalan Tol Jakarta Cikampek dihentikan.

Rekayasa lalu lintas tersebut berhasil memecah kepadatan jelang rest area Km 39 arah Cikampek.

Selain pemberlakuan contraflow, kata Herald, untuk mendistribusikan lalin Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek juga melakukan pengalihan arus kendaraan.

Kendaraan dari Km 28 dialihkan keluar melalui GT Cikarang Barat 3, kemudian masuk kembali ke arah Cikampek melalui GT Cikarang Barat 1 yang bersifat situasional.

Upaya tersebut dilakukan atas diskresi dari pihak kepolisian karena kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

PT Jasa Marga Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.#Ant