Mobil Tua Tidak Boleh Jalan Sini,Ini Alasannya

PELITAKARAWANG.COM-.Bagi pemudik yang melewati ruas tol fungsional, dari Salatiga menuju Surakarta, diminta berhati-hati. Mengingat, ruasnya agak menanjak dan membahayakan bagi kendaraan.


Lokasinya, di jembatan kali Kenteng. Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Suhardjo mengimbau masyarakat untuk hati-hati.


"Kami juga mengimbau masyarakat yang dari Salatiga ke Surakarta, ada jembatan kali Kenteng. Itu jalur alternatif gradiannya cukup tinggi," kata Sugihardjo, di Posko Arus Mudik Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu, 10 Juni 2018.


Mengingat jalan yang terlalu menanjak itu, tidak semua kendaraan bisa melewatinya. Maka dilakukan penyeleksian kendaraan mana yang layak dan mana yang tidak diizinkan. Dia mengatakan, di ruas itu ada petugas yang berjaga yang akan melihat apakah kendaraan itu dizinkan atau tidak.


"Jadi kendaraan-kendaraan yang performancing-nya sudah turun tidak kita sarankan lewat situ. Pasti kendaraan berat enggak, kendaraan yang sudah tua umurnya ya tidak lewat situ takutnya mundur, gradiannya kan cukup tinggi," katanya.


Dalam sebuah rekaman video yang ditautkan Diskominfo Jateng, terlihat detik-detik mobil berkapasitas mesin kecil yang mengalami kesulitan saat melaju di tanjakan ini.


Tampak dalam video mobil merek Daihatsu Ayla itu, berusaha memacu tenaga untuk bisa melewati tanjakan itu. Tapi, meski sudah ambil ancang-ancang dari bawah, tetap saja, mobil berkapasitas 998 cc itu tak berdaya menaklukkan tanjakan.


Bahkan, mobil nyaris saja mundur lagi dan membahayakan pengemudinya. Petugas kepolisian terpaksa berlari menyelamatkan mobil dengan cara mengganjal bannya agar mobil tak mundur lagi.

Posting Komentar