AC Tak Boleh Langsung Nyala saat Mesin Baru Hidup, Mitos atau Fakta

PELITAKARAWANG.COM - Selain tidak perlu dipanaskan, mobil zaman sekarang juga tidak butuh jeda jika ingin menyalakan pendingin (air conditioner/AC) ketika mesin mobil masih dingin atau tidak menyala.

Sebab, hentakan yang besar dari kompresor AC tidak akan mengganggu kerja mesin alias tidak ada pressure tinggi. Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, untuk mobil zaman sekarang sudah canggih.

Menurutnya, ketika mesin baru pertama kali menyala, tidak masalah kalau AC langsung dinyalakan. Karena, beban kompresor sudah dikontrol oleh ECU (engine control unit). Artinya, mesin mengkondisikan kebutuhan AC.

“Kalau ada yang bilang menyalakan AC butuh waktu sekian menit karena mobil baru menyala. Itu mitos. Saya saat pagi hidupkan mesin, AC langsung menyala dan mobil langsung jalan. Enggak ada masalah sama sekali,” ujarnya, Sabtu 7 Juli 2018.

Didi melanjutkan, apabila kaca mobil harus terbuka atau tidak saat pertama kali menyalakan AC, itu tergantung dari kondisi kabin.

“Kalau dirasa banyak debu karena mobil jarang dipakai lebih baik buka untuk sirkulasi. Ketika kondisi udara di luar panas, maka kaca perlu dibuka terlebih dahulu agar hawa panas cepat keluar,” tutur dia.

Sementara itu, menurut Ari dari Bengkel AC Maju Lestari, menjelaskan bahwa tidak semua mobil AC-nya bisa langsung dinyalakan ketika mesin baru hidup. Karena, masih ada mobil yang sistem kompresornya masih konvensional dan belum menggunakan sensor yang diatur ECU.

“Untuk kompresor AC yang dilengkapi kontrol unit saat putaran mesin masih tinggi atau Rpm tinggi (pertama kali mesin mobil menyala) otomatis hentakannya akan diredam. Jadi, tidak mempengaruhi kinerja mesin. Begitu juga saat mobil melaju kencang,” papar Ari. 



Sumber : viva
Posting Komentar