Bila Gunakan Penyedia Jasa Kursi Roda di Mekah Pilih Yang Resmi

PELITAKARAWANG.COM - Sai merupakan bagian dari rukun haji dan umrah. Ketika Sai, setiap jemaah umrah atau haji harus berjalan dan berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah.

Dalam praktiknya, beberapa jemaah ada yang harus beristirahat, sejenak karena kelelahan. Terlebih jemaah lanjut usia, terkadang mereka membutuhkan bantuan orang lain.

Namun, jangan khawatir. Penyedia jasa kursi roda resmi siap melayani jemaah yang kelelahan dan lanjut usia. Mereka berada di sekitar area Sai tersebut. Cirinya adalah memakai rompi resmi.

Pantauan , tidak sedikit jemaah yang membutuhkan jasa mereka. Salah satunya jemaah paruh baya asal India. Dia sempat menawar harga yang diminta penyedia jasa.

Akhirnya jemaah asal India melanjutkan Sai kembali yang sempat terhenti karena kelelahan.

Tak hanya penyedia jasa kursi roda, pemotong rambut untuk tahalul pun siap melayani. Mereka hanya berharap seikhlasnya dari para jemaah.

Kepala Daker Mekah Endang Jumali, mengatakan, meski tersedia jasa kursi roda, jemaah haji Indonesia diimbau tetap berhati-hati. Jemaah haji sebaiknya mencari penyedia jasa kursi roda yang resmi.

“Tipsnya, lebih baik jemaah haji Indonesia mencari di dekat (bukit) Shafa  dan yang legal ya,” ujar Endang. 

Karena, dia mengingatkan, selain penyedia jasa kursi roda yang resmi, ada juga yang ilegal. “Jadi tetap hati-hati ya,” tuturnya.

Tidak ada komentar