BLUD Bikin Puskesmas Leluasa atur Keuangan

PELITAKARAWANG.COM - Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sudah diberlakukan sejak 1 Maret 2018 untuk semua Puskesmas di Karawang. Dengan BLUD, Puskesmas lebih leluasa atur rumah tangga dan keuangan sendiri tanpa lepas dari Peraturan yang ada.

Kepala Puskesmas Pasirukem, H Dedi Sugandi S.Km mengatakan, semua Puskesmas sudah berlakukan BLUD per 1 Maret, meskipun secara teknis peraturan yang mengatur perjalanan BLUD ini belum sepenuhnya berjalan optimal. Tapi, setidaknya, sistem BLUD ini memberi keleluasaan Puskesmas mengatur rumah tangga sendiri, tanpa harus menyetorkan pemasukan kas dari kunjungan pasien ke Pemkab. Dengan kata lain, Anggaran pendapatan dan belanja Puskesmas diatur oleh manajemen puskemas, dari, oleh dan untuk Puskesmas." Dulu kan kita harus setor pemasukan dan pengeluaran ya juga sesuai program dari Pemkab, nah sekarang kita tentukan sendiri pendapatan kita dan pengeluarannya untuk kegiatan Puskesmas ," Katanya.

Dedi menambahkan, Puskesmas boleh membanderol iuran pasien umum tanpa melanggar Peraturan yang sudah ada, misalnya dalam membuat KIR Dokter, Tindakan dan lainnya yang sifatnya umum tanpa KIS dan BPJS. Bahkan, kalau dulu, pendapatan dari BPJS orang sakit, atau melahirkan yang uangnya cair hanya sebatas transit saja di Puskemas pertahun, saat ini tidak. Karena, Puskemas tidak ada kewajiban menyetorkannya, dengan kata lain pasien BPJS kesehatan yang menggunakan jasa kesehatan di Puskesmas, nanti dicairkan Pihak BPJS langsung jadi pendapatan Puskemas dan dihimpun dalam setahun untuk kemudian dibelanjakan sesuai dengan program dan kegiatan yang bisa di susun setahun mendatang. Itulah mengapa, sebut Dedi, dengan BLUD ini, Puskesmas lebih leluasa, namun bukan berarti lepas laporan secara administrasi kepada Pemkab. " Tindakan, bikin KIR Dokter, Check up dan melahirkan yang umum itu nanti masuk ke kas Puskesmas, dan dihimpun dalam setahun," Ungkapnya.

Di Pasirukem, sambung Dedi selain BLUD, tahun ini pihaknya juga sedang mempersiapkan akreditasi Puskesmas, karenanya, selain pengadaan ruangan UGD, persiapan ke arah itu juga sedang di matangkan, apalagi kondisinya saat ini sudah BLUD, sehingga Puskesmas bisa leluasa mempersiapkan segala sesuatunya dengan optimal." Kita selain BLUD, juga mempersiapkan akreditasi, yang diperkirakan mulainya tahun depan," Katanya.
Posting Komentar