Buku Perpustakaan SMAN I Telagasari Seperti Ini Kondisinya - PELITA KARAWANG
Buku Perpustakaan SMAN I Telagasari Seperti Ini Kondisinya

Buku Perpustakaan SMAN I Telagasari Seperti Ini Kondisinya

Share This

PELITAKARAWANG.COM-.Ruangan yang sempit, membuat puluhan ribu buku di Perpustakaan SMAN 1 Telagasari dirasa pengap. Bahkan, tidak sedikit buku-buku yang masih baru dan utuh, terpaksa disimpan di gudang akibat penuhnya ruangan oleh beragam buku jenis paket, fiksi, non fiksi dan bacaan lainnya.

Petugas Perpustakaan SMAN 1 Telagasari, Irawati mengatakan, jumlah buku yang ada saat ini sekitar 43.602. sedari dulu, perpustakaan yang menjadi literasi sekolah inj tidak pernah berpindah-pindah ruangan. Bahkan, seiring kiriman buku yang menumpuk dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) setiap tahun, membuat ruangan perpustakaan ini semakin menyempit oleh rak , lemari dan meja tempat menyimpan bukunya. Bahkan, sesekali yang tidak tertampung, terpaksa disimpan di gudang perpustakaan. Begitupun siswa yang lalu lalang meminjam, untuk membaca ditempat saja kondisinya tidak memungkinkan karena harus dibatasi akibat ruangan yang bisa dibilang hanya memiliki satu rombongan belajar (Rombel). Padahal, keluh Irawati, Perpustakaan SMA yang berlokasi di Desa Talagamulya ini adalah juara 3 tingkat Kabupaten dengan penilaian beragam kategori, baik kerapihan, administrasi dan pelaporannya yang apik, namun prestasi itu tidak serta merta memudahkan akses agar ruangan perpustakaan ini bisa diperluas lagi oleh Pemerintah." Kita juara 3 Kabupaten tahun 2017 kemarin, tapi kondisi perpustakaan semakin kesini semakin sempit karena bukunya semakin banyak," Katanya.


Hamim S.Pd, Wakasek SMAN 1 Telagasari mengatakan, buku paket Kurtilas, fiksi dan non fiksi lengkap tersedia di perpustakaan sekolah. Bisa dibaca ditempat, dibawa pinjam pulang maupun ke kelas siswa. Sehingga, tidak ada kewajiban bagi siswa untuk membeli lagi buku-buku diluar Perpustakaan ini, tetapi untuk menambah literasi dan wawasan yang menunjang pelajarannya disekolah, sah-sah saja jika siswa tetap mencari buku dan membelinya di luar sekolah, ketimbang membeli hal-hal yang tidak bermanfaat. Diakui Hamim, buku di perpustakaan sebenarnya tidak kurang stoknya, hanya saja memang kondisi ruangan yang sempit, siswa yang baca ditempat juga terbatas. Walaupun demikian, Perpustakaan yang rapi dalam, administrasi, pelaporan dan perawatannya dengan apik ini, bisa juara 3 tingkat Kabupaten. " Kita sempit saja juara 3, apalagi kalau luas. Sebab pengelolaan dan manajemennya sangat bagus disini mah," Pujinya.

Posting Komentar
bkd