Gudep SMKN 1 Jayakerta Adakan Perkemahan Pramuka Sistem Blok

PELITAKARAWANG.COM - Gugus Depan (Gudep) 17.081-17.082, Pangkalan SMKN 1 Jayakerta mengadakan kegiatan Perkemahan Pramuka Sistem Blok bagi siswa baru, Jumat (20/7). Sebanyak 279 siswa baru  mengikuti kegiatan yang diadakan di Bumi Perkemahan Mekarbuana Loji Tegalwaru karawang, Jumat-minggu 20 - 22 Juli 2018.

Perkemahan Pramuka Sistem Blok adalah pengenalan kepramukaan bagi peserta didik yang dilakukan satu kali dalam satu tahun kepada seluruh peserta didik tanpa terkecuali berdasarkan permendikbud nomor 16 tahun 2014. Hal tersebut dikatakan pembina pramuka SMKN 1 Jayakerta, Muslih Hidayat kepada KBE, melalui sambungan teleponnya.

"Dengan tujuan dapat membentuk karakter peserta didik, terutama dapat meningkatkan rasa nasionalisme anggota Gerakan Pramuka," katanya.

Lebih lanjut, Muslih mengatakan, adapun isi dari kegiatan Perkemahan Pramuka Sistem Blok adalah berbagai macam kegiatan kepramukaan baik yang dilakukan di ruangan maupun di alam bebas dengan melatih kedisiplinan dan kemandirian peserta didik.

"Tujuan lain dari kegiatan Perkemahan Pramuka Sistem Blok ini untuk mempererat tali silahturahmi, baik peserta didik baru, anggota pramuka penegak yang terkumpul dalam ambalan penegak,  dan para guru sebagai pembimbing dalam kegiatan ini," Jelas Muslih.

Masih menurutnya, kegiatan tersebut juga dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan pendidikan pramuka tingkat penegak bagi peserta didik baru yang merupakan perpindahan  golongan dari penggalang ke penegak.

รข€œSetelah kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan pembinaan terhadap peserta didik itu, jangan sampai hanya sebatas kegiatan satu tahunan saja tetapi harus berkesinambungan dan bisa lebih menarik lagi," jelasnya.

Dirinya pun menambahkan, bahwa tantangan program sekolah dalam kepramukaan, menurutnya harus dapat menjawab kebutuhan peserta didik agar bisa menjadikan generasi penerus yang bermartabat dengan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi dengan memiliki rasa cinta terhadap tanah air.

"Minimal cinta terhadap diri sendiri, keluarga dan sekolahnya," pungkasnya.

Sementara itu salah satu siswa peserta kegiatan mengutarakan antusiasnya terhadap kegiatan tersebut dan merespon dengan senang.

"Ini pengalaman baru dan sangat luar biasa walaupun masih letih setelah mengikuti kegiatan MPLS, karena enjoy jadi ngga kerasa capeknya," katanya.
Posting Komentar