Ini Tujuh Program Edukids yang Diminati Masyarakat Cilamaya

PELITAKARAWANG.COM  - Meskipun lokasinya jauh dari hiruk pikuk perkotaan, lembaga pendidikan anak usia dini dibawah naungan Yayasan Edutama, semakin moncer di Cilamaya. 


Pasalnya, Play Group (PG) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Edukids yang baru seumur jagung, sudah mampu dipercaya masyarakat karena kurikulum dan program unggulannya jitu mencetak anak -anak usia 2,5 - 6 tahun lebih mandiri, cerdik dan cakap pembelajarannya lazimnya sekolah diwilayah perkotaan.


Evi Rahmawati, orangtua dari peserta didik TK Edukids Cilamaya mengatakan, dirinya merupakan warga pendatang dari wilayah Karawang kota, bermaksud menyekolahkan anak di usia dini. Kebetulan, akses dari Desa Cilamaya ini kurang dari 3 kilometer, jadinya ia memilih Edukids sebagai tempat pendidikan anaknya. 

Terlebih sebut, Evi, selain karena keponakannya juga bersekolah disini, tapi kurikulum dan pembelajarannya yang baik menjadi pertimbangannya, meskipun baru masuk dan belum tahu pembelajarannya lebih detail karena masa orientasi, tetapi  melihat pembiasaan dan fasilitas yang sempurna, semoga saja bisa mencetak anak-anaknya ini semakin kreatif dan mandiri." Selain akses, fasilitas dan pembelajarannya yang baik jadi pertimbangan kami menyekolahkan anak di Edukids ini," Katanya.

Guru Kelas B TK Edukids Cilamaya, Siti Khotimah mengatakan, Selama seminggu kedepan, pihaknya yang juga sudah menerima 28 siswa baru ini, menargetkan anak sudah lepas dari orangtuanya selama belajar di Edukids. 

Metode pembelajaran dan alihan perhatian yang difokuskan anak, diberikan formulasinya . Untuk itu, bukan saja sekolah formal seperti SMP dan SMA yang ada orientasinya, tetapi juga PG dan TK juga ada masa-masa adaptasi dan orientasinya agar anak bisa mengikuti segudang kurikulum pendidikan andalan selama mengenyam pendidikan di Edukids ini. Bukan perkara mudah memang, meraih anak-anak yang masih malu-malu, menangis dan nempel terus dengan orangtuanya, tapi fasilitas yang lengkap seperti taman bermain, game dan permainan lainnya yang tersedia, jadi cara jitu mengalihkan perhatiannya, sehingga dalam kurun waktu seminggu - dua Minggu, si anak bisa sudah bisa lepas dari orangtua. 

Begitupun sebaliknya, pinta Siti, orangtua harus memasrahkan dan mempercayakan anak-anaknya kepada para guru yang akrab disebut Miss di sekolah ini selama pembelajaran berlangsung nantinya. " Ada kurikulum dan pembelajaran khusus untuk anak bisa mandiri, lepas dari orangtua, trik ini ditopang fasilitas yang ada, Alhamdulillah lambat laun anak bisa lepas dari orangtua saat belajar," Katanya.


Sementara itu, Kepala Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKB) Edutama School, Andy Sonjaya mengatakan, menyambut siswa baru, pihaknya perlakukan lazimnya tamu kehormatan, karena istilah MPLS, juga diberlakukan di lembaga pendidikan anak-anak seperti TK ini. Jelang masuknya pembelajaran, pihaknya sudah menerima 28 siswa baru tahun ajaran ini, meningkat dari tahun sebelumnya. Dimana 8 siswa Play Group (PG) usia 2,5 tahun, TKA 9 siswa usia 4-5 tahun dan TKB 12 siswa yang usianya 5-6 tahun. Selain memformulasikan cara adaptasi para siswa, sebut Andy, juga diberikan program unggulan selama belajar di Edukids, sebab, program unggulan ini yang menjadi pembeda dengan lembaga pendidikan anak pada umumnya. Jumlahnya, sebut Andy, ada tujuh, yaitu Tahsin Quran, Bahasa Inggris, Cooking Class, Market Day, Family Day, Parenting dan Toileting. Semua muara dari program unggulan tersebut, sambung Andy, adalah mencetak siswa lebih mandiri, cerdas dan Cakap saat masuk ke jenjang SD." Alhamdulillah tahun ini meningkat jadi 28 siswa, selain Cilamaya Wetan, siswa juga datang dari Subang, Banyusari, dan Cilamaya Kulon," 
Katanya.


Penilik Koorwilcambidik Cilamaya Wetan , Romli S.Pd mengatakan, lembaga pendidikan anak usia dini semuanya baik. Hanya saja, khusus Edukids ini, memiliki inisiatif dan kreatifitas sendiri untuk menjadikan metode pembelajarannya lebih terukur pada puluhan siswanya. Untuk itu, sebut Romli, kepercayaan orangtua pada lembaga pendidikan swasta yang baru seumur jagung ini, diapresiasinya karena ikut serta menjaring para siswa baru dan kepercayaan orangtua untuk menyekolahkan anak di usia dini. " Kita apresiasi perkembangan Edukids ini semakin bagus, dan berkembang optimal, utamanya kepercayaan masyarakat pada dunia pendidikan anak usia dini ini," Katanya. 
Posting Komentar