Panwaslu Karawang Selidiki Video Wakil Bupati Karawang

PELITAKARAWANG.COM - Dugaan pelanggaran pidana pemilu kampanye di hari tenang, yang dilakukan oknum anggota partai politik ditindak lanjuti oleh Panwaslu Kabupaten Karawang.


Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Karawang, Syarif Hidayat mengatakan mengenai hal itu, dirinya sedang melakukan tahapan verifikasi dari bukti pelanggaran pemilu yang masuk kepada dirinya.

"Panwaslu mempunyai waktu 7 hari sejak laporan dugaan pelangggaran pidana pemilu ditemukan. Selain kampanye via medsos oleh akun facebook PKS Karawang dan Toto Surpto part l, kami sedang menyelediki video wakil Bupati Karawang bersama massa mengajak memilih salah satu Paslon di kediamannya di Cilewo," ucapnya Senin (02/07)

Lanjut Sarif, temuan lainnya adalah video wakil Bupati Karawang Jimmy Ahmad Zamakshsyari yang diduga bersama warga melakukan kampanye pada tanggal 26 Juni 2018, atau sehari sebelum pencoblosan.

"Kami masih menyelidiki, dan memeriksa, orang yang ada dalam video itu. Salah satu orangnya yang hadir sudah kami tanya," ucapnya.

Menurut dia, semua temuan sedang dalam tahap verifikasi. Dan akan melibatkan (Penegak hukum terpadu) Gakkumdu, dengan melakukan dengar pendapat dari pihak  kepolisian dan kejaksaan selaku pebgawas. 

"Lebih baiknya jikalau ada pelapornya. Kalau ada pelapor, jadi laporkan langsung. Bila perlu yang jadir waktu video jimmy dibuat disana, contohnya," ujar Syarip.

Masih kata Syarif, keputusan tetap ada di Gakkumdu. Tetap dalam batas waktu 7 hari sejak kejadian tersebut ditemukan. Bukan dihitung pada saat kejadian itu terjadi. Misalnya kejadian tanggal 1 juni, ditemukan sekarang, maka 7 hari itu dihitung saat ditemukan.

"Sekarang ini sedang pemeriksaan apakah memenuhi syarat formil dan materiil. Panwaslu Karawang tetap akan menindaklajutinya dan tidak ada yang namanya tebang pilih," tegas Sarif.
Posting Komentar