Pasirtanjung Wakil Kecamatan Lomba Kebersihan Tingkat Kabupaten - PELITA KARAWANG
Pasirtanjung Wakil Kecamatan Lomba Kebersihan Tingkat Kabupaten

Pasirtanjung Wakil Kecamatan Lomba Kebersihan Tingkat Kabupaten

Share This
PELITAKARAEANG.COM -  Desa Pasirtanjung Kecamatan Lemahabang, menjadi wakil lomba kebersihan tingkat Kabupaten. Pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) turun gunung menilai pemetaan lingkungan desa perbatasan Lemahabang - Tirtamulya tersebut Kamis (5/7).

Kades Pasirtanjung Seapudin mengatakan, ada dan tidak ada lomba kebersihan, baginya menata infrastruktur dan kebersihan desa adalah tanggungjawab semuanya setiap waktu. Karenanya, selama menjabat 3 tahun terakhir, dirinya bekerja keras untuk merapihkan infrastruktur di setiap pelosok desa, tak heran, desanya yang selama ini masuk kategori tertinggal saat ini sudah tertata dan dipercantik. 

Kuncinya sebut Kades, adalah sabar dengan tahapan dan keuangan yang dimiliki, walaupun harus merogoh uang pribadinya untuk mempercantik jalan, kantor desa dan pusat-pusat keramaian yang asri. " Kita ingin buktikan fisik, mana program dari pemerintah, dan mana program dari pemerintah desa secara utuh,*" Katanya.

Lebih jauh Kades yang akrab disapa Lurah Betong ini menambahkan,  dengan adanya penilaian lomba kebersihan ini, pihaknya berharap bisa memenuhi sempurna semua kriteria dan penilaian tim, sebab baginya, ada dan tidak ada lomba, Pasirtanjung akan selalu asri lewat program dan tanggungjawabnya yang sudah dipercayakan masyarakat memimpin desa. 

Setelah mengikuti lomba ini sebut Kades, ia berharap desanya menang atau tidak tetap bisa menjadi teladan dan contoh bagi desa lainnya agar Sudi mempercantik lingkungan dengan tanggungjawab dan perannya." Urusan lomba menang kalah yang penting partisipasi saja kita mah, asalkan kita bisa jadi model bagi desa lainnya saja sudah cukup," Katanya.

Camat Lemahabang, H Hamdani  S.Ip mengatakan, Desa Pasirtanjung hasil pertimbangannya adalah yang paling masuk kriteria lomba kebersihan, karena dalam mengikuti lomba itu tidak cukup hanya rekayasa sehari dua hari, tapi Desa Pasirtanjung sudah berperan dan aktif soal kebersihan jauh -jauh hari. 

Karenanya, hasil peninjauannya, ia optimis bahwa desa ini diharapkan bisa juara 1 Kabupaten, karena melihat kriteria semuanya sudah dipenuhi, namun kembali lagi kepada tim yang menilai kesetiap desa-desa atas penilaian objektif yang " Kita harapkan bisa jadi juara Kabupaten, karena sudah memenuhi kriteria penilaian, tapi apapun hasilnya ia percayakan kepada tim LH yang menilainya," Katanya.

Tim penilai yang juga Ketua UPTD Lingkungan Hidup Wilayah III, Agus Dwi mengatakan, dalam rangka menyambut Hari lingkungan Hidup Nasional, pihaknya diberikan tugas dan program memotret seberapa siap dan seberapa asri kebersihan itu berkesinambungan di desa-desa,  bukan saja saat lomba tetapi juga sehari-harinya. Penilaian yang dilangsungkan sebulanan di berbagai wakil Kecamatan ini,  lebih detail ditekankan pada 
Kriteria penilaian kebersihan lingkungan, tempat sampah, TPS dan partisipasi masyarakatnya, juga seberapa jauh Program kebersihan ini mendapat sokongan keterlibatan peranan desanya. Disinggung Pasirtanjung, ia melihat  Positif sekali, karena menjalani stimulan ini berkelanjutan,  bukan saja saat ada  ada kebersihan saja, tetapi juga sudah dipraktekkan jauh-jauh hari. " Kriteria penilaian itu ya seputar kebersihan lingkungan, tempat dan peran pemerintah desa itu sendiri," Katanya.
Posting Komentar
bkd