Pelajar SMK Indoneisia Mas Bedah Babad Karawang

Gambar Adalah Ilustrasi
PELITAKARAWANG.COM-.Mempersiapkan teater di Bandung, beberapa siswa SMK Indonesia Mas angkat sejarah kearifan lokal Karawang.  Menyelami sejarah Karawang lebih dalam dari masa-ke masa,siswa dan pembinanya sama-sama menyaksikan slide sejarah Karawang, baik tempat, tokoh dan pemerintahan Karawang sejak era Adipati Singaperbangsa.

Pembina Teater SMK Indonesia Mas, Ayip Saepudin SE mengatakan, beberapa siswanya akan di ikut sertakan dalam lomba teater sekitar pertengahan Agustus mendatang. Untuk mematangkan materi dan seni perannya. Ia ajak para peserta didiknya untuk menyelami sejarah secara visual, baik dari buku sejarah karangan Asep Sundapura kaitan Babad Karawang, maupun berupa slide di layar. Semisal sejarah para tokoh dan mantan Bupati Karawang, nama-nama kampung dan sejarahnya sampai saat ini. Memang sebut Ayip yang akan di ikut sertakan, hanya tiga orang saja yang akan tukar peran, namun tidak ada salahnya jika semua anggota teater pelajari sejarah karawang walaupun masih liburan seperti saat ini, karenanya babad Karawang selain dibedah, juga dipelajari detail untuk difahami sebagai bekal sejarah kearifan lokal." Yang ikut serta teater hanya 3 orang, tapi mendalami sejarah kan semuanya juga bisa," Katanya.

Ayip menambahkan, pihaknya tidak menargetkan menang atau kalah dalam lomba teater nanti, yang jelas pembelajaran anak pada sejarah dan kebudayaan Karawang itu bisa di pelajari dan diaplikasikan dalam seni perannya. Karenanya, ia berharap para siswa serius dalami kearifan lokal Karawang, karena walaupun yang lain mungkin mengangkat tema modernitas dan kekinian, namun hal yang membuat beda ini bisa kiranya menyita perhatian dalam lomba tersebut." Mereka ikut faham, bahwa para tokoh Karawang itu memiliki Hasanah dan tilas yang belum banyak diketahui ," Katanya. 

Tidak ada komentar