Pertamina EP Dukung Desa Vokasi Muktijaya

PELITAKARAWANG.COM -  Desa Muktijaya Kecamatan Cilamaya Kulon melalui Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Al Firdaus, ditunjuk sebagai Desa Vokasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Dilaunching sejak 4 Juni lalu bersama para Pejabat dilingkungan Dinas Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA), Desa Vokasi yang menjadi gudang percontohan pemberdayaan masyarakat desa dan mengangkat potensi kearifan lokal ini, ikut di sokong keterampilan masyarakatnya oleh PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field berupa pelatihan kerajinan berbahan dasar sampah plastik cangkang Kopi dan tutup botol air mineral.

Komdev Officer PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field,  Iklimatul Maknun mengatakan, Desa Muktijaya ini dipilih sebagai Desa Vokasi yang dibuka sejak 4 Juni lalu, saat ini rangkaian kegiatannya masih berlangsung. 

Bersama instansi terkait dari Disdikpora dan Dinas PPA, Pertamina EP ikut berperan mendukung suksesi desa Vokasi yang pusat kegiatannya di Paud Alam Al Firdaus ini. 

Dengan menghadirkan pemateri dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan Kelompok Sukaseuri dari Rumah Inspirasi Subang, ratusan ibu-ibu dilatih keterampilan memproduksi kerajinan dari bahan dasar sampah cangkang Kopi dan tutup botol air mineral. Mereka, belajar menyulap sampah tersebut didaur ulang menjadi kerajinan tas, souvernir dan manik-manik lainnya. Selain sudah memiliki bahan karena Paud ini memberdayakan masyarakat melalui bank sampah, pemasarannya juga sudah dibuka kerannya oleh pihak Pertamina, Kupek Asolahiyah, Dinas Lingkungan Hidup (LH) dan Pemerintah lewat dinas Pendidikan dan PPA. " Kita ikut berperan sukseskan rangkaian kegiatan desa Vokasi ini dengan pelatihan keterampilan bagi kelompok dari bahan dasar sampah yang bisa di daur ulang," Katanya.

Heru Saleh, S.Pd , Pengelola Desa Vokasi dari Paud Al Firdaus mengatakan, peserta pelatihan keterampilan dari Pertamina EP ini sekitar 100 orang ibu-ibu, yang memang diberdayakan dalam program Vokasi ini. Selain orangtua dari anak-anak paud, kaum ibu yang rentan dan marginal juga diberdayakan dalam pelatihan ini, seperti Purna TKI, buruh tani, wanita ekonomi rendah dan singel parent. Sebab, selain bekerjasama dengan Disdikpora, Dinas PPA dan Pertamina, dengan pelatihan pemberdayaan ini, juga dikerjasamakan nanti dengan Dinas Koperasi dan UKM." Kita apresiasi peran serta Pertamina EP yang ikut dukung program Desa Vokasi di Muktijaya ini." Katanya. 
Posting Komentar