PKBM Asolahiyah Karawang Targetkan Juara I Dalam Lomba PPM Jabar


PELITAKARAWANG.COM - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Asolahiyah Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, ikut jadi peserta lomba Pelopor Pemberdayaan Masyarakat yang diselenggarakan Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dua bulan terakhir. Memasuki masa-masa visitasi kelokasi tersebut, PKBM dibawah naungan Yayasan Asolahiyah binaan Pertamina EP Asset 3 Subang Field ini, menargetkan juara 1 dalam lomba dengan total hadiah Rp 50 juta tersebut.

Pengelola PKBM Asolahiyah Cilamaya Kulon, Heru Saleh S.Pd mengatakan, di pilihnya Yayasan Asolahiyah dalam lomba Anugerah pelopor pemberdayaan masyarakat tingkat Jawa Barat ini, atas rekomendasi dari pihak Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), karena setiap kabupaten /kota ditunjuk satu lokasi. Kebetulan pada pertengahan Juli ini, tim dari Provinsi yang melibatkan lintas OPD tersebut, memasuki tahapan visitasi, dimana Asolahiyah mengunggulkan pemberdayaannya dibilang pendidikan, ekonomi dan wirausaha. Soal pendidikan misalnya, pihaknya yang mengelola paket, berdayakan masyarakat putus sekolah dan masyarakat yang kurang sejahtera, begitupun dalam pemberdayaan wirausaha, dimana masyarakat sekitar diberdayakan pemanfaatan potensi lokal dengan kompetensi yang siap jadi." Kita ikut kepersertaan lomba atas rekomendasi dari Dinas Kominfo," Katanya.

Lebih jauh Heru menambahkan, pesaing dari Kabupaten/Kota luar Karawang diakuinya cukup berat, sebab diantara peserta lomba itu ada yang sudah juara-juara tingkat naskonal, namun ia tetap optimis, karena Asolahiyah ini juga pernah banyak mendapati gelar juara walaupun ditingkat Provinsi, seperti Proper Ketahanan Pangan Tingkat Jawa Barat juara 1, dan juara 1 lembaga pendidikan masyarakat tingkat Jabar..karenanya, pihaknya masih tetap optimis bisa mendapat gelar juara, tapi yang terpentingnya saat ini, bagaimana pihaknya tetap konsisten bisa memperluas pemberdayaan masyarakat itu ke desa-desa lain, kecamatan bahkan lintas Kabupaten/kota lainnya. Sehingga , Asolahiyah ini bisa jadi replikasi bagi wilayah lainnya dalam hal perluasan pemberdayaan masyarakat ." Yang penting itu kita konsisten dalam memberikan perluasan pemberdayaan masyarakat," Katanya.

Komdev Officer Pertamina EP Asset 3 Subang Field, Iklimatul Maknun mengatakan, pihaknya mendukung upaya yayasan Asolahiyah dalam peningkatan pemberdayaan maayrakatnya secara luas, karena untuk peningkatan kapasitas ini, diakui Maknun harus ada perluasanya yang konkrit." Kita bantu terus pendampingannya, untuk peningkatan kapasitas Asolahiyah dalam memperluas pemberdayaan masyarakat," Katanya..

Tidak ada komentar