Riksus AMJ, Kades Dipusingkan Bengkaknya Tunggakan Pajak

PELITAKARAWANG.COM – Pemeriksaan Khusus Akhir Masa Jabatan (Riksus AMJ) kepada tiga Pemerintahan Desa (Pemdes) di Kecamatan Kutawaluya oleh Inspektorat Kabupaten Karawang menimbulkan permasalahan baru yang menjadi beban bagi para kepala desa bersangkutan. Yaitu bengkaknya jumlah tagihan pajak atas anggaran-anggaran yang telah digelontorkan baik itu pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Kepala Desa Mulyajaya, Kecamatan Kutawaluya, Endang Macan Kumbang menyadari kewajiban pajak tersebut, tetapi dirinya menyayangkan tidak adanya penekanan terhadap kepala desa terkait pajak tersebut oleh pihak kecamatan dalam hal ini menjadi tugas Kasie Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) atas monitoring dan evaluasinya dan pendamping desa tingkat kecamatan sebagai pengawas penggunaan angaran-anggaran tersebut.

“Saya memiliki tunggakan pajak sebesar Rp 72 Juta setelah diperiksa, dan pasti akan saya bayar, hanya kenapa tidak ada penekanan sejak awal oleh pihak kecamatan dan pendamping desa. Dan seharusnya ini menjadi salahsatu syarat untuk diterimanya SPJ suatu anggaran dan syarat untuk bisa mendapatkan anggaran berikutnya,” keluh Endang kepada Pelita Karawang, Kamis (5/7).

Masih menurut Kades Endang, Monev yang dilakukan pihak kecamatan dan pengawasan pihak pendamping desa tidak maksimal, pasalnya Monev dan pengawasan menjadi ketat hanya saat-saat akan ada pemeriksaan seperti saat ini.

“Kalau mau keras, keras sekalian dari awal jangan Cuma saat mau ada pemeriksaan apalagi ini kan pemeriksaan akhir masa jabatan. Yang artinya menyisakan sedikit waktu untuk kepala desa terperiksa melunasi tunggakan pajak tersebut,” tegas Endang.

Sementara itu Kepala Inspektorat Pembantu (Irban) 2, Inspektorat Kabupaten Karawang, Mukhlis Villy menjelaskan kemungkinan adanya temuan belum bisa langsung diuatarakannya. Karena dirinya membutuhkan waktu selama 1 minggu untuk memeriksa secara mendetail data-data yang telah dikumpulkannya.

“Pemeriksaan ini terkait anggaran, aset berupa fisik. Dan saat ini kita belum bisa mengutarakan hasil pemeriksaan, mungkin baru satu minggu kedepan ada hasil dari pemeriksaan ini ,” pungkasnya.
Posting Komentar