Tata Herdjendra Motivasi Pelajar SMK Negeri dan Swasta di Karawang

PELITAKARAWANG.COM-.Rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) akan di akhiri Sabtu pekan ini. Selain menggelar kegiatan perkemahan Sabtu -Minggu (Persami), sebanyak 380 siswa baru SMK Indonesia Mas, dimotivasi semangatnya oleh sejumlah pimpinan perusahaan, baik perbankan, perhotelan maupun otomotif dari kawasan Industri. Salah satunya adalah PT Chemco Harapan Nusantara, produsen spare part mobil ini semangati ratusan siswa agar bisa memiliki kompetensi dan keahlian selama mengenyam pendidikan di SMK.


Direktur PT Chemco Harapan Nusantara Tata Herdjendra Widhisatmaka dalam motivasinya mengatakan, dari 140 SMK Negeri dan Swasta yang ada di Karawang, perusahaannya yang juga produsen Spare part otomotif khususnya Aluminium Casting Part dan Brake System ini, sudah bermitra bersama 98 SMK. Ia meminta para pelajar Karawang untuk bersiap diri mendalami waktu belajar 3 tahun dengan baik, karena di waktu yang sempit itu, persaingan dunia kerja harus diakuinya sangat begitu ketat, baik antar Kabupaten/Kota maupun level regional paska Pasar Bebas ACFTA antar negara Asean. Menikmati masa muda, sebut Tata, sah-sah saja, tapi jangan sampai fisik dan mental belajar selama di SMK kendor dan berprilaku menyimpang. Karena, perusahaan tentu saja memiliki aturan ketat dan kedisiplinan yang tinggi. Maka jika tidak dimulai saat ini, kapan lagi lulusan Karawang ini bisa bersaing baik di dunia kerja maupun wirausahanya. Karena itu, kemitraan 98 SMK di Karawang ini bukan tanpa dasar, sebab, pihaknya terbuka bagi para pelajar SMK Karawang untuk sama-sama berlatih dan belajar menengok proses produksi di perusahaan yang tercatat memiliki luas lahan 15 hektar ini, baik untuk kunjungan industri, magang/PKL maupun penyerapan tenaga kerja. Untuk itu, saat ini pesan Pria asal Semarang ini, persiapkan dulu belajarnya, isi kompensinya dengan maksimal. " Jangan putus asa, belajar yang serius. Kita di perusahaan menunggu kunjungan para siswa SMK ke perusahaan kami untuk sama-sama belajar proses produksinya," Katanya..

Kepala SMK Indonesia Mas, Mulyadi Rusmanto mengatakan, MPLS siswa SMK Indonesia Mas ini akan berakhir Sabtu pagi sesaat setelah siswa yang berjumlah 380 ini menuntaskan kegiatan perkemahan Sabtu Minggu. Selama MPLS, para siswa selain digembleng materi khusus untuk pengenalan lingkungan sekolah dan Wiyata Mandala, tetapi juga dibina oleh perusahaan mitra untuk tambahan materinya. Beberapa perusahaan sudah mewakilkan materinya dalam MPLS, termasuk Dirut PT Chemco ini, sebab, SMK Indonesia Mas ini adalah salah satu dari puluhan Sekolah yang sudah kerjasama bareng Chemco. Atas tawaran kunjungan industri bagi para siswa baru, Mul mengapresiasi perusahaan Spare Part mobil ini sangat terbuka bagi peserta didiknya untuk lebih jauh mendalami proses produksi dan alat ukurnya, bahkan menyediakan pengenalan Mobil SMK dengan alat-alat otomotif yang dikenalkannya. Sebab, meskipun masuk kurikulum MPLS untuk kunjungan Industri ini, tetapi bagi sekolah, diakuinya cukup kesulitan menembus perusahaan untuk sebatas kunjungan, tapi sebut Mul, Dirut PT Chemco ini justru sangat terbuka dan menyiapkan hari Sabtu sebagai hari untuk dikunjungi." Kebetulan kita ada program kunjungan industri, PT Chemco ini sangat terbuka bagi para siswa bisa pelajari proses produksi di perusahaannya, karena kalau di sekolah juga kan terbatas alat-alatny," Katanya.

Posting Komentar