• Breaking News

    Berikut Sembilan SMA Terbuka di Kabupaten Karawang

    PELITAKARAWANG.COM-.Meskipun sempat menimbulkan kontroversi dibukanya SMA terbuka ditahun sebelumnya, pendaftaran SMA program Provinsi Jawa Barat di 9 SMA di Karawang tersebut, kembali dibuka bagi masyarakat usia produktif antara 16 - 21 tahun sejak awal Agustus ini.  Meskipun minat masyarakat masih sulit, pendaftaran yang akan ditutup 31 Agustus tersebut mengharuskan para pengelola yang di SK kan Kepala SMA induk itu turun gunung ke desa-desa untuk menjaring anak putus sekolah untuk masuk ke SMA terbuka.

    Pengelola SMA terbuka Lemahabang, Dede Tarja S.Kom mengatakan, siswa SMA Terbuka di Lemahabang ditahun sebelumnya dan sudah berjalan KBM nya sebanyak 23 orang, dimana Tempat Kegiatan Belajar (TKB) yang semua di kantor desa Lemahabang, dialihkan ke SMA induknya, sebab sekolah terbuka yang dulunya dinamai Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) ini, butuh waktu dua hari dalam seminggu untuk melaksanakan kegiatan belajar, dengan lama waktu sama dengan reguler pada umumnya, yaitu 3 tahun. Pakaian yang dikenakan SMA terbuka ini bebas rapi, dengan guru-guru yang ditunjuk dan di SK kan Kepala Sekolah induk untuk mengajarnya. Ini sebut Dede, merupakan program pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang kebetulan di Karawang ini di buka di 9 SMA sejak 1 Agustus - 31 Agustus. " Angkatan pertama kemarin, yang belajar di TKB SMA terbuka ini ada 23 orang, dan belajarnya langsung di SMA induk setiap Sabtu dan minggu, " Katanya.


    Lebih jauh Dede menambahkan, untuk pendaftaran tahun ini sebutnya, ia targetkan bisa menjaring 30 siswa baru, dan sampai saat ini yang sudah resmi terdaftar baru 10 orang, karenanya, ia terus turun gunung mensosialisasikan SMA terbuka ini ke desa-desa, baik melalui RT untuk pendataan maupun rapat-rapat Minggon. Sebab, pendaftaran akan ditutup akhir Agustus ini, khusus anak-anak kurang mampu dan usia 16- 21 tahun, apalagi biaya pendidikan selama 3 tahun di SMA terbuka ini dijamin gratis. Sementara para guru-gurunya diberikan operasional khusus dari anggaran pemerintah selama mengelola SMA terbuka ini. " Kita baru menerima 10 pendaftar, sisanya ya kita nyari turun ke desa-desa," Katanya.


    Sejauh ini sambungnya, tidak ada gesekan dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang mengelola Paket C , karena porsi dan ketentuannya berlaku, dimana SMA terbuka ini, dikhususkan bagi yang tidak mampu dan usia dibatasi maksimal 21 tahun. Sehingga, sela sosialisasi, ia menghindari sendiri wilayah yang memang seharusnya menjadi porsi dan bagian dari PKBM ." Belajarnya fleksibel sih, tapi kita juga saling berbagi dengan PKBM," Katanya . 


    SMA Negeri induk yang membuka pendaftaran SMA Terbuka 1-31 Agustus : 


    - SMAN Klari, 

    - SMAN 1 Telukjambe,

    - SMAN 1 cikampek, 

    - SMAN 1  Rawamerta, 

    - SMAN 1 Jatisari

    - SMAN 1 Telagasari,  

    - SMAN 1 Lemahabang, 

    - SMAN 1 Rengasdengklok,

    - SMAN 1 Batujaya 

    Posting Komentar


    Post Bottom Ad