PELITAKARAWANG.COM– Tanggal 27 Agustus 2018 besok, jemaah haji Indonesia gelombang pertama akan segera pulang ke Tanah Air. Mereka akan melalui bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Jemaah diimbau tak perlu membawa oleh-oleh seperti air zamzam berlebihan. Yang terpenting jemaah membawa dokumen lengkap seperti paspor dan buku kesehatan.

"Tadi kami temukan beberapa jamaah yang membungkus rapi air zamzam dalam kemasan yang dibalut kain ihram, nyaris tidak terlihat. Tapi setelah kami cek isinya, ternyata air zamzam dalam kemasan botol," ujar Kepala Bidang Transportasi PPIH Arab Saudi Subhan Cholid, di Mekah, Minggu 26 Agustus 2018.

Jangan sampai petugas bandara Jeddah mencurigai jemaah haji Indonesia. Subhan mengimbau kepada jamaah haji agar mengikuti ketentuan otoritas maskapai, apa-apa saja yang boleh dan tidak untuk dibawa ke Tanah Air.

Subhan mencontohkan, hindari bawa barang yang melebihi bobot 32 kilogram, tas tenteng (kabin) tidak melebihi 7 kilogram, hindari juga membawa zat-zat berbahaya, memasukkan air zamzam dan parfum melebihi 100 mili, serta dilarang membawa senjata tajam.