BUMN Hadir, Kereta Kesehatan Layani Warga Kosambi Karawang


PELITAKARAWANG.COM - Kereta kesehatan milik PT Kereta Api Indonesia atau "rail clinic" yang dilengkapi dengan peralatan medis hadir di Stasiun Kosambi, Kabupaten Karawang Selasa, untuk melayani kesehatan gratis masyarakat setempat.
"Ini sebagai bentuk kepedulian sosial PT KAI kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di wilayah kami," kata Ari Soepriadi, Deputy Executive Vice Presiden II Daerah Operasional 1 Jakarta, di Karawang.

Ia mengatakan, pada Selasa ini kereta kesehatan milik PT KAI memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di sekitar Stasiun Kosambi, di Desa Duren, Kecamatan Klari, Karawang.

Dikatakannya, kegiatan itu digelar untuk yang keempat kali, melibatkan Tim Kesehatan PT KAI Daop 1 Jakarta. Terdiri atas lima dokter umum, dua dokter gigi, dua bidan, 10 perawat umum dan tiga orang apoteker.

"Targetnya, dalam kegiatan ini kita bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada 300 orang," kata Adi.

Rail clinic itu merupakan aset PT KAI yang di dalam gerbongnya terdapat pelayanan kesehatan dan pelayanan perpustakaan.

Di dalam gerbong itu ada alat kesehatan umum, alat kesehatan gigi, alat kesehatan mata, alat laboratorium, dan lain-lain.

"Rail clinic itu generasi keempat, dilengkapi dengan perpustakaan elektronik (e-library) berupa enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan," katanya.

Dalam kegiatan itu, masyarakat tidak hanya mendapat pelayanan kesehatan dan menikmati pelayanan perpustakaan. PT KAI juga membagikan 45 kacamata gratis untuk pelajar SDN 1 Duren, Kecamatan Klari, Karawang.

Selain itu, dilakukan pula pembagian 200 paket kebutuhan pokok kepada masyarakat serta mendapatkan sosialisasi tentang keselamatan perjalanan kereta api.



Sumber : Antara
Diberdayakan oleh Blogger.