PELITAKARAWANG.COM - Jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan BPTJ, menggelar simulasi perjalanan dari Wisma Atlet Kemayoran menuju Istora Senayan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menyatakan, waktu tempuh berkurang sebanyak satu menit dari simulasi sebelumnya, yang memakan waktu sebanyak 21 menit.

"Simulasi hari ini yang pertama kita melaksanakannya simulasi dari Wisma Atlet ke GBK, di mana jarak tempuh batas waktu yang ditentukan bisa kita laksanakan dalam waktu 20 menit," kata Yusuf di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (1/8/2018).

"Kalau simulasi yang lalu itu waktunya 21 menit, jadi terjadi pengurangan satu menit. Kemudian baliknya sama juga, jadi 20 menit GBK ke Wisma Atlet," sambung Yusuf.

Sedangkan waktu tempuh dari Wisma Atlet menuju TMII, akat Yusuf, butuh 27 menit. Yusuf menambahkan, estimasi waktu tersebut sama seperti saat pihaknya menggelar simulasi ketika tidak menutup ruas jalan tol.
Oleh sebab itu, pihaknya bersama Dishub DKI Jakarta dan BPTJ bersepakat mengurangi jumlah ruas tol yang ditutup saat perjalanan keberangkatan atlet. Dari awalnya 10 ruas tol ditutup, kini menjadi hanya empat ruas tol.

"Sehingga kita ambil kesimpulan bahwa rencana kita melaksanakan pada saat atlet berangkat dari Wisma Atlet ke venue dengan 10 pintu tol ditutup dari 06.00 sampai 17.00 WIB, kita kurangi yang berangkat (awalnya) ada 10 pintu kita tutup, menjadi empat pintu tol saja," terangnya.

Ruas tol yang ditutup saat jam kepulangan atlet pada pukul 12.00-21.00 WIB, juga berkurang. Awalnya sembilan ruas tol ditutup, kini menjadi hanya tiga. Hal itu disepakati dengan sejumlah pertimbangan.

"Pertama adalah efektivitas penggunaan jalan tol, yang kedua adalah kondisi atau dampak dari penutupan itu di luar jalan tol," jelas Yusuf.

Pintu tol yang ditutup pada pukul 06.00-17.00 WIB atau saat keberangkatan atlet ke venue:
1. Angke 2
2. Tanjung Duren
3. Slipi 2
4. TMII


Pintu tol yang ditutup pada pukul 12.00-21.00 WIB, atau saat atlet kembali ke Wisma Atlet Kemayoran:

1. Angke 1
2. Slipi 1
3. TMII






sumber : tribunnews