Dinas PUPR Mulai Melakukan Skema Penggalian Irigasi

PELITAKARAWANG.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karawang, mulai melakukan skema penggalian irigasi untuk mengatasi kekurangan air di musim tanam gadu.

Skema itu dilakukan di dua kecamatan Karawang Utara yakni Kecamatan Pakisjaya dan Batujaya yang dinilai berpotensi mengalami kekeringan air untuk pertanian.

"Karena memang wilayah ujung irigasi ini mengalami sedimentasi. Maka kita melakukan penggalian dan menyesuaikan dengan pesawahan disana. Sehingga air mengalir dengan baik ke pertanian. Selanjutnya persoalan tersendat karena eceng gondok, jadi kita bersihkan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Karawang, Acep Jamhuri, (9/8).

Ia menjelaskan pelaksanaan pekerjaan perbaikan irigasi ini dilakukan bersama pantauan dengan Dinas Pertanian dan Kodim 0604 dalam menjaga pelaksanaan program percepatan tanam.

Ia juga mengimbau kepada para petani untuk menjaga dan merawat dengan baik aliran tersiernya yang mengaliri sawah mereka. "Untuk petani juga harus menjaga dan merawat tersiernya. Jadi bisa gotongroyong memperbaiki dan membuang sampah yang bisa menyumbat aliran air," katanya.
Posting Komentar