Rabu, Agustus 15, 2018

Disparbud Karawang Gagas Kegiatan Kirab Proklamasi

 


PELITAKARAWANG.COM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karawang  menggagas kegiatan Kirab Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia untuk menunjukkan nilai perjuangan terhadap masyarakat.
"Ini bukan sekedar kirab. Ada nilai perjuangan, patriotik dan nilai nasionalisme dalam kegiatan Kirab Proklamasi ini," kata Penggagas Kegiatan Kirab Proklamasi Heri Paryono, di Karawang, Rabu.

Ia mengatakan, kegiatan Kirab Proklamasi tersebut baru pertama kali digelar di Karawang. Bahkan disebutkan baru pertama kali digelar di Indonesia.

Ada 13 komponen pokok yang merupakan kendaraan hias dalam Kirab Proklamasi. Dari 13 komponen itu, ada kendaraan yang membawa bendera merah putih, naskah proklamasi dan replika garuda.

"Jadi dalam kirab proklamasi ini ada yang disakralkan, yakni bendera merah putih, naskah proklamasi dan replika garuda," katanya.

Heri yang juga menjabat Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang mengatakan, untuk kendaraan hias lainnya ada yang membawa spanduk yang bergambar pahlawan-pahlawan nasional.

"Kirab Proklamasi ini melibatkan masyarakat langsung. Tujuannya, mengajak masyarakat agar merasakan kemeriahan Hari Kemerdekaan RI. Ada nilai perjuangan, patriotik dan nilai nasionalisme dalam kegiatan ini," kata dia.

Dalam kegiatan itu, akan dilibatkan pula sejumlah komunitas otomotif, baik motor maupun mobil. Termasuk komunitas sepeda ontel, dipersilakan ikut terlibat dalam Kirab Proklamasi.

Kirab Proklamasi yang akan digelar pada 17 Agustus 2018 itu mengambil rute sejauh sekitar 30 kilometer. Start di Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok dan berakhir di Taman Makam Pahlawan.


Sumber : Antara

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top