Ini 4 Cabor yang Sudah Bertanding Sebelum Asian Games 2018 Resmi Dibuka

PELITAKARAWANG.COM - 11 hari Itu waktu yang tersisa hingga multievent terbesar se-Asia, Asian Games, bakal dibuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada Sabtu 18 Agustus 2018. Tapi, ada juga hitung mundur 3 hari.

Untuk apa? 3 hari itu adalah waktu yang tersisa hingga digelarnya pertandingan paling pertama pada penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang. Cabang olahraga (cabor) sepak bola yang mendapat privilese untuk mencuri start itu.

Selain olahraga Si Kulit Bulat, ada juga cabor akuatik, bola tangan (handball), dan basket yang lebih dulu bertanding sebelum cabor sejawat lainnya memasuki euforia kompetisi.

Nantinya, meski lebih dulu bertanding, para atlet dari empat cabor itu akan 'diliburkan' pada 18 Agustus demi menghormati opening ceremony (upacara pembukaan) Asian Games 2018. Barulah setelah itu, jadwal pertandingan kembali berjalan pada 19 Agustus.

Berikut empat cabor pencuri start pertandingan di Asian Games 2018:

1. Sepak Bola

Siapa, sih, yang tidak kenal cabor ini? Aksi para pemain menggocek bola di lapangan hijau selalu menjadi primadona di penjuru dunia, tak terkecuali Asia. Nah, di Asian Games 2018, dua nomor cabor sepak bola yakni putra dan putri sama-sama mencuri start.

Ada sepak bola putra, yang menasbihkan diri sebagai nomor paling pertama yang bertanding, tepatnya pada Jumat (10/8/2018). Lebih rinci lagi, aksi Tim Nasional (Timnas) Laos vs Hong Kong dan Palestina lawan Taiwan di Stadion Patriot, Bekasi, menjadi jadwal perdana Asian Games.

Sementara Indonesia baru bertanding pada Minggu (12/8) melawan Taiwan di laga perdananya. Selain Sabtu (11/8), Senin (13/8), dan Sabtu (18/8), pertandingan babak grup sepak bola putra pun tak pernah absen bergulir hingga 20 Agustus.

Untuk sepak bola putri, pertandingan Korea Selatan vs Taiwan di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, pada Kamis (16/8) pukul 15:00 WIB menjadi laga perdana.

2. Basket

Bukan basket 3x3 alias basket mini yang menjadi pencuri start cabor basket. Ada disiplin basket 5x5 putra yang pertandingan pertamanya berlangsung Selasa (14/8), empat hari sebelum opening ceremony. Di hari pertamanya, ada pertandingan Taiwan vs Jepang (Grup C), Syria vs Iran (Grup B), dan Indonesia vs Korea Selatan (Grup A).

Sementara laga perdana basket 5x5 putri dibuka Rabu (15/8) lewat aksi China vs Thailand. Pertandingan basket 5x5 sendiri akan digelar di Hall Basket A GBK sebelum hijrah ke Istora GBK mulai babak semifinal.

3. Handball

Untuk handball, pertandingan perdana menjadi milik nomor putra yang berlangsung pada Senin (13/8) antara India melawan Taiwan pukul 11:00 WIB. Adapun nomor putri pertama dibuka oleh pertandingan India lawan Kazakhstan pada Selasa (14/8). GOR POPKI, Cibubur, ditunjuk menjadi venue pertandingan handball yang berlangsung hingga 31 Agustus 2018.

4. Polo Air

Dari cabor akuatik alias cabor air, ada disiplin polo air nomor putri yang bertanding paling awal pada Kamis (16/8). Di babak penyisihan itu, jadwal pertama pukul 14:30 WIB menjadi panggung milik Jepang vs Indonesia. Polo air sendiri bakal dipertandingkan di Stadion Akuatik GBK.

Itulah empat cabor yang pertandingannya lebih dulu digelar sebelum Asian Games resmi dibuka 18 Agustus. Di Asian Games ke-18 ini, 45 negara se-Asia plus tim unifikasi Korea akan memperebutkan sekitar 1.300 medali dari 465 nomor event di 40 cabor. Dibuka dini pada 10 Agustus.
Posting Komentar